Tips Mencegah Terbentuknya Karang Gigi



Tips Mencegah Terbentuknya Karang GigiApa itu karang gigi? Karang gigi atau kalkulus gigi, terbentuk dari plak dan zat kapur yang berada di air liur. Plak sendiri terdiri dari lapisan bening di gigi ( perikel ) dan kuman. Di dalam mulut kita terdapat lebih dari 350 jenis kuman yang dapat menyebabkan karies. Jika di gigi atau sela-sela gigi terdapat banyak makanan yang tidak di bersihkan maka kuman akan mencerna makanan tersebut, lama-kelamaan akan menyebabkan karang gigi.
Karang gigi melekat erat dengan gigi dan berwarna mula-mula kuning, lama-kelamaan dapat berwarna coklat lalu kehitaman sesuai dengan kebiasaan seperti merokok atau minum kopi.

Karang gigi dapat menyebabkan gigi goyang dan mudah tanggal karena penurunan gusi, gusi bengkak, gusi berdarah terutama saat menyikat gigi, dan halitosis atau bau mulut. (wikipedia)

tips mencegah terbentuknya karang gigi

Tips untuk mencegah terbentuknya karang gigi :
- Rajin menyikat gigi minimal dua kali sehari, dimana semua bagian-bagian gigi harus terjangkau dan tersikat bersih.

- Menggunakan benang gigi atau dental floss untuk pembersihan tambahan pada gigi-gigi yang berjejal, yang tidak dapat dijangkau oleh sikat gigi.

- Menggunakan obat kumur sebagai antibakteri bagi rongga mulut.

- Mengkonsumsi buah yang banyak mengandung vitamin c, misalnya buah kiwi dan stroberi untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi. 

Baca Juga: Tips Ampuh Memutihkan Gigi Dengan Stroberi

- Mengkonsumsi sayuran hijau yang mengandung serat untuk pembersihan gigi secara alami.

- Hindari kebiasaan buruk seperti merokok, dan kurangi kebiasaan minum teh atau kopi. 

Baca Juga: Tips Ampuh Cara Berhenti Merokok

- Rutin melakukan pemeriksaan kesehatan gigi ke Dokter Gigi (biasanya 6 bulan sekali).

Jika karang gigi telah terbentuk dan kamu ingin membersihkan karang gigi secara tuntas, kamu harus pergi kedokter gigi karena untuk membersihkan karang gigi dibutuhkan alat khusus yang bernama scaller. 

Pembersihan karang gigi pun harus mengikuti anatomi giginya, gerakan alat untuk membersihkan karang gigi juga tidak sembarangan. Jika tidak dilakukan sesuai prosedur akan dapat melukai gusi dan membuat email gigi menjadi tipis.
Ada beberapa yang mengatakan bahwa dengan menggunakan biji asam kawak dan cengkeh dapat menghilangkan karang gigi tentunya kurang tepat, karena biji asam kawak dan cengkeh hanya bersifat sebagai antiseptik yang dapat digunakan untuk mencegah penyebab timbulnya karang gigi.

Apa itu asam kawak?
asam kawak : hasil olahan asam jawa agar dapat bertahan lama, dibuat dr asam yg matang di pohon, dikupas, dijemur, diberi campuran garam dan gula merah lalu dikukus dan didinginkan serta dikemas rapi untuk menghindarkan kotoran. (KBBI)

Berikut adalah cara mencegah terbentuknya karang gigi dengan menggunakan biji asam kawak :
 
Ambil biji asam kawak secukupnya.
Kemudian sangrai biji asam kawak tersebut, lalu haluskan dengan cara ditumbuk atau di blender. Setelah halus lalu gosokkan biji asam kawak yang telah halus tersebut pada daerah karang gigi.

Cara mencegah terbentuknya karang gigi dengan menggunakan cengkeh :
Ambil cengkeh secukupnya, tumbuk halus cengkeh hingga menjadi bubuk lalu usapkan bubuk cengkeh pada daerah karang gigi.

Demikian tips mencegah terbentuknya karang gigi, semoga bermanfaat.

Tips Mencegah Terbentuknya Karang Gigi | T Ampuh | 5