18 Mei 2012

Cara Menghilangkan Kantung Mata

cara menghilangkan kantung mata

Cara Menghilangkan Kantung Mata - Kantung mata hitam atau mata panda biasanya dialami oleh mereka yang sering kurang tidur atau begadang, sering bekerja terlalu lama di depan komputer, dan kurang minum air putih yang cukup. Jika kamu ingin tahu cara menghilangkan kantung mata secara alami dan cepat untuk mengobati mata lelahmu, berikut beberapa tipsnya.

Namun sebelumnya kita ketahui dulu apa sih penyebab munculnya kantung mata?

Penyebab Munculnya Kantung Mata


Dalam kebanyakan kasus, kantung di bawah mata tidak menandakan kondisi tersembunyi dan hanya gejala nonsteroid yang mengganggu. Namun mungkin disebabkan oleh:

  1. Meningkatnya jumlah lemak di area mata dan menimbun di bawah mata
  2. Melemahnya otot-otot halus di sekitar mata
  3. Retensi air di bawah mata
  4. Menurunnya jumlah kolagen yang disebabkan oleh penuaan
  5. Warisan genetik
  6. Kurang Istirahat

Jika kantung mata bengkak yang disertai dengan gejala seperti gatal, kemerahan atau rasa sakit, kamu harus konsultasikan kepada dokter, karena mungkin tentang reaksi alergi atau sekitar kondisi medis yang memicu terjadinya kantung mata. 

Cara Menghilangkan Kantung Mata Hitam


Berikut adalah cara-cara mudah, cepat dan ampuh untuk menghilangkan kantung mata.

1. Menggunakan air dingin

Caranya yaitu dengan menggunakan lap yang telah di celupkan pada air dingin dan kompreskan pada kedua mata, kemudian diamkan selama beberapa menit. Lakukan ini secara rutin sebelum kamu tidur. Kamu bisa melihat kantung matamu sudah lenyap keesokan paginya.


2. Menggunakan Kantong Teh

Apakah kamu suka minum teh?

Jangan buang ampas dan kantong tehmu. Teh hijau atau teh hitam dapat membuat keajaiban bagi mata atau tulang pipi yang bengkak karena memiliki sifat anti-iritasi dan anti-peradangan. 

Masukkan 2 kantong teh ke dalam kulkas selama 30 menit dan letakkan pada mata selama 10-15 menit. 

Ulangi perawatan alami ini untuk kantong mata sebanyak dua atau tiga kali sehari. Cara ini dipercaya mampu untuk menghilangkan kantung mata.

Teh juga dapat kamu gunakan untuk masker wajah. Kandungan tanin dalam teh sangat baik untuk mengatasi sunburn pada kulit wajah dan menghilangkan jerawat. 

Disamping itu, teh mengandung anti oksidan untuk mencegah penuaan dini. Coba rendam ampas teh semalaman dan gunakan sebagai masker wajah dengan mengoleskannya pada seluruh bagian wajah dan leher Anda. Biarkan hingga kering, lalu bilas sampai bersih. 


3. Menggunakan Mentimun

Kamu juga bisa menggunakan mentimun sebagai cara alami untuk menghilangkan kantung mata. 

Iris mentimun yang sudah kamu masukkan lemari es dan kompreskan langsung pada area mata. Seperti teh, kamu juga bisa menggunakan timun sebagai masker wajah. 

Tumbuk dan haluskan timun lalu oleskan pada wajah. 

Jangan lupa bersihkan dengan lap dingin sesudahnya, cara ini dapat berguna untuk mengurangi minyak yang berlebih dan menyegarkan wajah.


4. Menggunakan Kentang

Selain itu juga kamu dapat menghilangkan kantung mata dengan menggunakan kentang. 

Caranya iris tipis kentang dengan terlebih dulu dikupas kulitnya dan dicuci bersih, kemudian hasil parutan tadi tempelkan pada area disekitar mata. Biarkan selama 15-20 menit lalu bilas dengan air bersih.


5. Menggunakan Susu dan Putih Telur

Selain semua cara di atas, kamu juga dapat menggunakan susu cair dan putih telur.

Ambil kapas secukupnya kemudian basahi dengan susu cair, letakkan kapas tersebut pada area kantung mata. Diamkan sekitar lima belas menit lalu bilas dengan air bersih.

Untuk menghilangkan kantung mata dengan putih telur, caranya adalah mencelupkan kuas pada putih telur kemudian usapkan pada area kantung mata.

Diamkan sejenak beberapa menit kemudian basuh dengan air dingin.


6. Menggunakan Sendok Dingin

Cara yang terakhir yaitu dengan menggunakan sendok dingin. 

Agak terdengar aneh memang tapi cara ini dipercaya mampu mengatasi kantung mata dengan cepat. 

Caranya yaitu dengan meletakkan sendok makan ke dalam air dingin atau air es, kemudian setelah dingin, tempelkan sendok pada area kantung mata selama beberapa menit.


Tips Agar Kantung Mata Tidak Kembali Lagi

Selain melakukan salah satu cara diatas kamu juga harus tidur yang cukup.

Menurut para ahli dari National Sleep Foundation, tidur yang nyenyak dan berkualitas sangat membantu untuk membuat kulit menjadi lebih cerah dan lebih baik untuk menghilangkan kantong mata. 

Pada saat yang sama, tidur membantu untuk memiliki sistem kekebalan yang kuat, agar lebih fokus dan menjaga kesehatan jantung Anda. Tidur setidaknya 8 jam sehari dan pilih posisi tidur telentang dengan kepala sedikit terangkat.

Hindari untuk mengonsumsi kopi berlebihan, Kelebihan kopi dapat menyebabkan dehidrasi, yang berkontribusi pada munculnya kantong di bawah mata dan pipi. 

Kurangi konsumsi alkohol, alkohol dapat menyebabkan dehidrasi dan dapat menyebabkan gangguan tidur, hingga menyebabkan kantung muncul di bawah mata. 

Berhenti merokok, bahan kimia dalam rokok mempengaruhi seluruh tubuh, termasuk kulit. Sudah terbukti secara ilmiah bahwa perokok memiliki risiko lebih tinggi mengalami kerutan dan penuaan dini pada kulit. 

Perbanyak minum air putih.


Demikian cara menghilangkan kantung mata, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Artikel Terkait