Tips Menyempurnakan Wajah Dengan Teknik Contouring



Tips Menyempurnakan Wajah Dengan Teknik Contouring - Mungkin ada beberapa di antara kita yang kurang puas dengan kondisi wajah kita. Entah itu karena dahi yang terlalu lebar atau hidung yang kurang mancung atau pipi yang chubby alias tembem. 
Untuk sebagian orang yang berkelebihan dalam hal materi, kekurangan ini dapat diakali dengan melakukan operasi plastik dan membentuk wajah sesuai dengan keinginannya. Tapi untuk orang yang mempunyai budget terbatas tentunya kemungkinan besar tidak mungkin melakukan hal tersebut. 

Namun jangan khawatir karena seiring dengan berkembangnya teknik merias wajah, sekarang kita dapat "menyulap" bentuk wajah kita sesuai dengan keinginan kita dengan teknik contouring.

Lalu apa itu teknik contouring?
Teknik contouring adalah teknik merias wajah dengan menambahkan dimensi pada wajah. Teknik ini bertujuan untuk membuat wajah terlihat lebih tirus dan ramping dengan cara mempertegas struktur tulang wajah. 

Teknik contouring itu sendiri terbagi menjadi dua, yaitu highlight dan shading

Fungsi dari highlight adalah untuk menonjolkan beberapa bagian wajah secara halus. Sedangkan teknik shading bermanfaat untuk memberikan bayangan agar kekurangan pada wajah kita dapat disembunyikan. 

Aplikasikan kedua teknik ini dengan kuas atau cukup dengan tangan saja.


Berikut tips menyempurnakan wajah dengan teknik contouring highlight:
Seperti yang sudah disinggung di atas, teknik contouring highlight adalah seni merias wajah dengan cara menonjolkan bagian-bagian wajah yang bisa menjadi kelebihan dengan membuatnya menjadi lebih terang. 

Produk yang biasa dipakai untuk membuat highlight yaitu concealer. Pilihan warna concealer yang pas yaitu warna concealer yang sedikit lebih muda atau paling tidak sama dengan warna kulit.

Biasanya highlight diaplikasikan di beberapa bagian wajah berikut ini:
  • Tulang hidung: gunakan teknik highlight di sepanjang tulang hidung sehingga dapat membuat hidung tampak lebih mancung.
  • Bawah mata: untuk anda yang mempunyai kantung mata atau terlihat seperti mata panda, jangan khawatir. Anda dapat menggunakan teknik highlight ini di bawah mata anda sehingga kantung mata anda menjadi tertutup dan lebih terang. Baca: Cara Menghilangkan Kantung Mata
  • Tulang pipi: tonjolkan keindahan tulang pipi anda dengan menggunakan highlight di atas tulang pipi anda.
  • Dagu: fungsi lain dari highlight yaitu dapat membuat dagu terlihat lebih lancip.

Untuk anda yang memiliki dahi terlalu lebar atau pipi yang chubby, anda dapat menggunakan teknik contouring shading untuk menyamarkan bagian-bagian wajah tersebut. Baca: Cara Merias Wajah Untuk Pipi Chubby
Shading merupakan solusi untuk menyamarkan bagian wajah yang dianggap sebagai kekurangan kita dengan cara membuatnya menjadi lebih gelap.

Untuk melakukan shading sebaiknya menggunakan foundation yang warnanya dua tingkat lebih gelap dari kulit kita. Hal ini dikarenakan shading bertujuan membuat kekurangan pada wajah menjadi tidak jelas bahkan tidak terlihat sama sekali.

Pemberian shading biasa dilakukan pada bagian-bagian wajah berikut ini:
  • Pipi: aplikasikan shading di bawah tulang pipi agar pipi yang chubby dapat ditutupi dan wajah menjadi lebih tirus.
  • Hidung: untuk membuat hidung tampak lebih mancung dan runcing, gunakan shading di sisi kanan dan kiri hidung.
  • Dahi: ingin dahi anda yang terlalu lebar tampak lebih kecil dan sempit? Lakukan shading di atas dahi anda, menempel dengan anak rambut.
  • Rahang: samarkan rahang yang besar dengan memberikan shading di sepanjang tulang rahang sehingga rahang terlihat lebih kecil.

Demikian tips menyempurnakan wajah dengan teknik contouring, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.