Bekal Cantik Selama Berlibur



Bekal Cantik Selama Berlibur - Siapa yang tidak senang berlibur? Bisa dipastikan setiap orang sangat menyukai liburan, karena dengan berlibur segala kepenatan akan hilang dan tubuh akan segar kembali. Dewasa ini banyak alternatif tujuan untuk berlibur, salah satunya adalah pantai. 

Pantai merupakan tujuan berlibur yang tidak lekang dimakan masa. Kamu dapat melakukan aktifitas sepanjang hari,seperti berenang, bermain volley pantai, bersepeda menyusuri pantai dan malam hari bisa merasakan barbeque ditemani debur ombak. Di tengah kegembiraan kamu melakukan aktifitas-aktifitas tersebut, jangan lupa bahwa kamu tetap harus menjaga kecantikan sehingga jangan sampai ketika selesai berlibur di pantai, kulitmu menjadi terbakar atau malah menjadi hitam. Berikut beberapa bekal cantik yang harus kamu bawa selama berlibur:
Bekal Cantik Selama Berlibur
1. Sunscreen 
Berlibur di pantai memang mengasyikkan namun juga bisa membahayakan kulitmu karena penuh dengan sinar matahari yang mengandung paparan sinar ultra violet A dan B (UVA dan UVB). 
UVA dapat menyebabkan timbulnya kanker kulit dan penuaan dini. UVB dapat menjadikan kulit terbakar atau kehitaman. Karena itu kamu wajib membawa sunscreen untuk melindungi kulit. Pilih kadar SPF (Sun Protection Factor) 15 dengan kadar perlindungan kulit 94%. Hati-hati bila ingin memakai sunscreen dengan kadar SPF 30. Walaupun dapat melindungi kulit sebesar 97% tapi sangat riskan karena dapat mengiritasi kulit, terlebih pada kulit sensitif. 

Baca: Cara Mengetahui Rumus Kadar SPF

Cara pemakaian sunscreen yang benar: 
  • Gunakan sunscreen 15 menit sebelum beraktifitas di pantai supaya dapat terserap kulit. Ulangi setiap 30 menit apabila berada sepanjang hari di pantai.
  • Usapkan sunscreen dibagian tubuh lain seperti area leher, kelopak dan bagian bawah mata, daun dan belakang telinga.
  • Apabila kulit terbakar, berendamlah dalam air yang dicampur dengan teh chamomile karena dapat mengurangi rasa perih pada kulit. Apabila sebagian kecil kulit yang terbakar, oleskan dengan green tea oil yang dapat menetralisasi.
2. Lotion after sun 
Selain sunscreen, gunakan juga lotion after sun untuk melindungi kulitmu. Pemakaian lotion ini bertujuan mengembalikan kelembutan dan kekenyalan kulit. Pilihlah yang mengandung unsur lidah buaya. 

3. Leave on Conditioner 
Selain kulit, jangan lupa perhatikan juga rambut, karena rambut bisa juga menjadi ‘korban’ selama berlibur di pantai. Kesehatan rambutmu dapat menurun karena sinar matahari, air laut dan kaporit dapat menyebabkan rambut kusut,kering dan berbau sangit karena langsung terkena sinar matahari.

Setelah selesai beraktifitas, cuci rambut dengan sampo lalu gunakan leave on conditioner. Sisir rambut sampai halus kembali.

4. Lip balm 
Lindungi bibirmu dengan mengoleskan lip balm supaya tetap terjaga kelembapannya. Perawatan cantik lainnya yang dapat kamu lakukan selama berlibur di pantai, adalah sebagai berikut:
  • Konsumsi vitamin dan suplemen. Tingkatkan kekebalan tubuh dengan vitamin karena cuaca panas bisa membuat badanmu terkena flu dan demam.
  • Simpan moisturizer, gel mata, make up dan pelembap di dalam freezer. Krim yang dingin bisa membantu kamu dari lelah dan panas sehabis berjemur dan juga membuat riasan menjadi tahan lama.
  • Sertakan pelindung lain seperti kacamata dan topi. Selain sebagai aksesoris dapat juga melindungi mata dari silaunya sinar matahari dan rambut juga tidak terkena sinar matahari secara langsung. 
Demikian beberapa bekal cantik yang harus kamu bawa selama berlibur, semoga bermanfaat dan selamat berlibur.