Cari Tips

Cara Mengatasi Rambut Lepek Berminyak Berketombe


Cara Mengatasi Rambut Lepek Berminyak Berketombe - Rambut lepek identik dengan berminyak bahkan berketombe, tentu membuat penampilan kadang terlihat tidak menarik dan kusam. Meski sudah berdandan dengan make up, wajah tetap saja terlihat tidak segar karena tampilan rambut yang lepek. Dengan perawatan tepat seperti keramas, pemilihan jenis shampo yang benar, creambath, jeruk nipis dan cuka apel dapat membuat rambut lepek berminyak dan berketombe dapat kembali normal.


Rambut lepek berminyak berketombe

Penyebab rambut lepek adalah adanya ketidakseimbangan antara kelenjar sebaceous yang mengeluarkan sebum. Sebum berupa kandungan minyak yang melembabkan kulit kepala dan melindungi terhadap polusi. Namun, jika produksi minyak yang berlebihan maka dapat menjadi masalah yang membuat rambut mengkilap, berat dan lengket di kepala sehingga rambut menjadi lepek. Begitu pula dengan kebiasaan mengikat rambut dalam keadaan basah, terkena paparan sinar matahari langsung, debu dan terlalu banyak mengonsumsi makanan berminyak merupakan bagian yang membuat rambut menjadi lepek.

Cara mengatasi rambut lepek berminyak berketombe
  • Keramas Setiap Hari
Jika rambutmu lepek sebaiknya keramas setiap hari, karena selain dapat menghilangkan debu atau kotoran yang menempel pada rambut atau kulit kepala, dengan keramas setiap hari minyak yang berlebih pada kulit kepala akan hilang.

  • Memilih Sampo yang Sesuai
Pilih sampo yang sesuai dengan jenis dan karakter rambut. Salah memilih sampo akan membuat rambut semakin lepek dan kulit kepala banyak mengeluarkan minyak. Beberapa produk atau sampo mengandung bahan kimia yang dapat menimbulkan minyak pada kulit kepala sehingga membuat rambut menjadi lepek.

  • Cara Keramas
Ketika keramas lakukan pembersihan rambut sampai benar-benar bersih. Jangan biarkan adanya sisa sampo yang menempel pada kulit kepala atau rambut karena dapat menimbulkan ketombe yang tentu saja dapat membuat rambut semakin lepek. Untuk keramas usapkan sampo mulai dari ujung rambut lalu ke bagian atas. Dengan begitu selain tidak lepek, rambut juga tidak akan tipis pada bagian atas rambut.


Baca Juga: Tips Cara Keramas yang Benar

  • Hindari Memakai Kondisioner
Sebaiknya tidak menggunakan kondisioner karena pemakaian kondisioner akan membuat rambut semakin lepek. Namun jika karakter rambutmu pada bagian pangkal akar rambut lepek dan berminyak, tapi pada bagian ujung rambut terlihat kering, maka boleh menggunakan kondisioner pada ujung rambut.

  • Creambath
Creambath diperbolehkan karena dapat memperlancar peredaran darah dan menyegarkan kulit kepala. Pijatan juga berguna untuk memudahkan penyerapan nutrisi ke dalam kulit kepala sehingga membuat kulit lebih sehat dan dapat sekaligus mengatasi rambut lepek. Lakukan seminggu sekali jika rambut lepek terlalu parah.


Baca Juga: Cara Memilih Creambath yang Cocok

  • Jeruk Nipis
Gunakan jeruk nipis setiap kali sebelum kamu keramas menggunakan sampo dan creambath. Caranya, oleskan jeruk nipis pada seluruh bagian kulit kepala secara merata selapis dengan jarak 2 cm. Tunggu 2 hingga 3 menit baru keramas. Untuk creambath, setelah dioleskan secara merata lakukan gerakan massage baru mengoleskan krim creambath yang terdapat kandungan jeruk nipis.

  • Hindari Mengikat Rambut Saat Basah
Saat rambut masih dalam keadaan basah sebaiknya hindari untuk mengikat rambut. Terlebih jika kamu menggunakan jilbab. Karena dengan rambut yang masih basah lalu ditutup jilbab atau langsung mengikatnya akan mengakibatkan rambut lembab dan tentu akan membuat rambut menjadi tambah lepek.

  • Cuka Apel
Jika kamu ingin menggunakan cuka apel sebaiknya gunakan setelah keramas. Gantilah kondisioner dengan larutan cuka apel. Dengan rajin menggunakan cuka apel setiap keramas seminggu 2 hingga 3 kali, rambut akan terbebas dari masalah rambut lepek, kusam, berminyak dan berketombe.

Demikian cara mengatasi rambut lepek berminyak berketombe, semoga dapat berguna dan selamat mencoba.
Cara Mengatasi Rambut Lepek Berminyak Berketombe | T Ampuh | 5