3 November 2014

Cara Merawat Kulit Sebelum Tidur

Cara merawat kulit sebelum tidur - Banyak wanita yang malas bahkan mengabaikan untuk merawat kulit di malam hari sebelum tidur. Padahal regenerasi kulit justru lebih aktif pada malam hari. Jika dilakukan perawatan secara rutin akan menghasilkan kulit yang bagus dan cerah. Lalu seperti apakah perawatan wajib yang dilakukan malam hari sebelum tidur?

Malam hari sebelum tidur merupakan perawatan kulit yang baik dilakukan bahkan wajib. Karena dengan melakukan perawatan kulit di malam hari sebelum tidur, sangat baik untuk meremajakan kulit dan meregenerasi kulit.
Regenerasi kulit akan membuat kulit menjadi lebih sehat, kenyal, bersih, lembut serta terhindar dari kerutan dan garis penuaan. Karena itu sangat penting jika perawatan di malam hari wajib dilakukan, bahkan para ahli menyarankan untuk membersihkan wajah sebelum tidur agar sisa-sisa kotoran atau make up yang menempel pada wajah tidak menghalangi kulit untuk proses regenerasi.

Baca Juga: Cara Menjaga Kecantikan Sebelum Tidur


cara merawat kulit sebelum tidur

1. Cleansing milk
Lakukan pembersihan untuk mengangkat kotoran atau sisa make up. Caranya melakukan pembersihan menggunakan cleansing milk atau susu pembersih. Bisa juga menggunakan make up remover. Gunakan kapas pada saat pembersihan. Setelah dirasa wajah sudah dibersihkan secara sempurna dilanjutkan lagi ke tahap selanjutnya yaitu facial foam atau cleanser.

2. Facial Foam atau Cleanser
Setelah membersihkan wajah menggunakan cleansing milk atau make up remover, dilanjutkan dengan menggunakan facial foam atau cleanser atau olium. 
Caranya basahi seluruh bagian wajah. Setelah itu usapkan sabun seperti facial foam, cleanser atau olium. Berikan sedikit pijatan kemudian dibilas lagi dengan menggunakan air bersih.

3. Air Hangat
Pada saat melakukan pembersihan wajah lebih disarankan untuk membasuh wajah menggunakan air hangat, barulah kemudian mengusapkan facial foam dan cleanser. Air hangat ini dapat membuka pori-pori sehingga pembersihan lebih sempurna.

4. Toner
Setelah menggunakan air hangat saat pembersihan wajah dengan facial foam atau cleanser, untuk menutup kembali pori-pori kulit yang terbuka dapat menggunakan toner sebagai pendinginnya. Toner selain dapat menutup pori-pori setelah wajah dibasuh menggunakan air hangat juga sekaligus sebagai penyegar dan dapat membersihkan sisa kotoran atau make up yang masih tertinggal pada wajah.

5. Moisturizer
Jika memiliki jenis kulit yang cenderung kering, moisturizer sangat cocok digunakan untuk melembabkan kulit. Kalau untuk pelembab biasanya terdapat kandungan alfa hydroxy acid atau AHA yang berfungsi untuk meregenerasi kulit. Gunakanlah tipis-tipis saat malam hari dan lebih cocok digunakan untuk kulit sensitif karena sifatnya yang iritatif. Pelembab boleh dipakai sesuai dengan kebutuhan, misalnya butuh pelembab tapi kulit sensitif , artinya tidak disarankan untuk menggunakan yang ada kandungan whitening aging-nya karena dikhawatirkan akan terjadi iritasi.

6. Vitamin atau Serum 
Biasanya vitamin atau serum dipakai pada saat siang hari namun jika ingin menambahkan serum atau vitamin wajah, tidak masalah.

7. Masker
Masker dari produk tertentu ataupun dibuat secara alami, tidak masalah. Asalkan penggunaan masker tidak dibarengi dengan krim malam. Masker tentu memiliki fungsi yang berbeda satu dengan yang lainnya. Masker berbahan alami bekerja lebih lambat dan membutuhkan waktu yang lebih panjang serta minim resiko efek samping.
Tetapi jangan berharap mendapatkan hasil yang instan dibandingkan dengan bahan kimia yang biasanya langsung terlihat walaupun membutuhkan waktu yang berulang.

8. Krim Malam
Sebaiknya dalam penggunaan krim malam harus disesuaikan dengan jenis kulit. Karena krim malam lebih kuat dan sifatnya iritatif. Kandungan krim malam yaitu retinoid acid, whitening atau anti aging dapat mengakibatkan pengelupasan saat mengangkat sel kulit mati. Pada usia 20 tahun ke atas sebaiknya menggunakan krim malam yang terdapat kandungan retinoid acid atau whitening, karena kondisi kulit di usia 20 tahun masih bagus karena belum timbul kerutan.
Sedangkan untuk usia 30 sampai 40 tahun ke atas mulai timbul kerutan dan kulit mulai mengendur. Untuk itu sangatlah cocok jika kandungan yang ada pada krim malam terdapat anti aging penuaan.

Demikian cara merawat kulit sebelum tidur, semoga dapat bermanfaat dan selamat mencoba.

Artikel Terkait