Tips Cara Menggendong Bayi Sesuai Usianya

Tips cara menggendong bayi sesuai usianya - Sebagai orangtua, ini bukanlah hal yang sepele! Ini adalah hal yang memang tergolong kecil, tapi setiap orangtua yang memiliki atau segera memiliki anak wajib ketahui! Yap, wajib!

tips cara menggendong bayi sesuai usianyaSelain sebuah kewajiban bagi orangtua kandung, menggendong anak adalah salah satu cara atau metode untuk memperoleh ikatan batin antar hati ke hati dari orangtua ke anak kandung. Dan ini adalah salah satu cara yang paling efektif!

Memperoleh hasil yang optimal, benar dan sesuai anjuran, tips dan cara menggendong bayi sesuai usianya perlu untuk kamu ketahui.

Dalam konteks ini, saya akan konsen memberikan penjelasan tentang tata cara menggendong bayi yang sesuai dengan usianya.

Kenapa?

Karena jarak usia bulanan ketika bayi amatlah berpengaruh terhadap tata dan caranya. Ini karena setiap bayi punya kemampuan dan kebutuhan yang berbeda-beda. Itulah kenapa cara ini patut dan wajib kamu ketahui.

Jika mengetahui hal ini dengan benar, tentu akan sangat bermanfaat untuk anda memperoleh hasil yang sesuai diharapkan, terlebih anda juga meminimalisir resiko yang dapat terjadi pada bayi. Karena bayi masih tergolong rentan, ini dia alasan lainnya kenapa hal ini begitu penting.

Dibawah ini adalah fase dan tata cara menggendong bayi yang sesuai dengan usia si bayi. Perlu kamu ketahui, ini adalah masa rawan kecelakaan bagi bayi, jadi kamu sebagai orangtua harus paham betul akan hal ini:

Usia 0 - 3 bulan -- Dalam kurun usia ini, tulang bayi masih amatlah lunak dan rentan. Posisi menggendong yang terbaik adalah membaringkannya di lengan. Satu lipatan siku berguna untuk menopang leher bayi, sementara tangan satunya menopang badan sampai bagian bawah si bayi.

Usia 4 bulan -- Hampir sama tata cara menggendong bayi 4 bulan dengan yang sebelumnya, tidak jauh berbeda pokoknya. Hanya saja, pada fase 4 bulan ini sebagai orangtua mulai bisa mendudukkan bayi pada pangkuan dengan kepala bersandar pada bagian dada kamu.

Usia 5 bulan -- Idealnya, bayi dengan usia 5 bulan sudah mampu menopang kepalanya sendiri. Jadi, posisi menggendong pun mulai bisa lebih fleksibel. Kamu bisa mulai menggendong bayi di pinggang dengan kaki bayi melingkar pada posisi pinggul dengan satu tangan.

Usia 6 bulan -- Mau gendong di punggung bayi kamu? Bisa! Yap, pada usia 6 bulan, seorang bayi bisa dibilang sudah hampir mendekati sempurna perkembangannya. 

Memberikan rasa nyaman, aman dan terjamin adalah konsen terpenting bagi kita sebagai orangtua agar bayi terhindar dari resiko-resiko yang dapat timbul karena kesalahan cara menggendong.

Sedikit tambahan, pada rentang usia di atas, sebaiknya hindari guncangan-guncangan ketika menggendong dan usahakan tidak melulu mendekap erat sang bayi. Kenapa? Agar bayi leluasa dan tetap merasa nyaman ketika digendong.

Artikel Terkait