Tips Rambut Tetap Sehat Setelah Rebonding



Rambut Tetap Sehat Setelah Rebonding - Kebosanan memiliki rambut ikal atau keriting membuat wanita ingin memiliki rambut lurus dan halus karena rambut lurus lebih mudah diatur dibandingkan dengan rambut ikal atau keriting. Selain itu penampilan wajah pun akan sedikit berbeda, tidak seperti saat memiliki rambut ikal atau keriting. Untuk meluruskan rambut diperlukan treatment rebonding maupun smoothing, tapi rebonding atau smoothing kerap menimbulkan masalah kerusakan rambut. Terlebih jika tidak dilakukan dengan cara yang benar dan tidak merawat rambut sesudahnya. 
Masalah kerusakan rambut yang sering dialami setelah rebonding antara lain rambut kering, rambut kusam, rambut rontok dan bercabang.  Hal tersebut membuat wanita enggan melakukan rebonding kembali karena khawatir rambutnya menjadi rusak. Lalu apa yang harus dilakukan supaya rambut tidak rusak setelah melakukan rebonding?
Berikut hal-hal yang harus diperhatikan agar tidak menimbulkan efek samping kerusakan rambut setelah melakukan rebonding:


Tips Rambut Tetap Sehat Setelah Rebonding


  • Sebelum rebonding, terlebih dulu rambut di analisa untuk mengetahui kondisi rambut (normal, kering, berminyak, rontok atau sensitif). Kemudian ditentukan produk yang cocok dengan jenis rambut, contohnya untuk rambut keriting dan pernah di warnai, diberikan produk untuk kategori rambut sensitif.
  • Rambut di masker dengan hair mask selama 5 menit, lalu dioleskan obat untuk meluruskan rambut. Tidak diperbolehkan mendiamkan obat terlalu lama, cukup 25-30 menit tanpa penyisiran rambut.
  • Apabila ingin rambut mengembang, hal yang perlu dilakukan adalah blow dry. Tapi apabila ingin rambut lepek, lakukan pencatokan pada rambut. Setelah itu rambut diberi netralisis yang berfungsi untuk mengawetkan u atau smoothing agar rambut tidak mudah mengembang dan tidak mudah keriting karena di dalam netralisis mengandung hair serum agar hasilnya rambut tidak kering dan tidak rontok.
  • Setelah rebonding atau smoothing, dianjurkan tidak mencuci rambut selama 3 hari agar minyak keluar dari batang rambut. Untuk penggunaan shampo minimal dilakukan satu minggu setelah rebonding dengan shampoo khusus  rebonding. Pilih shampo dengan kadar pelembab tinggi dan setelah itu gunakan kondisioner.
  • Setelah satu minggu rebonding lakukan minimal 2 kali pencatokan dan sebaiknya dilakukan di salon.
  • Untuk perawatan di rumah; gunakan hair serum dan hair mask dua minggu sekali. Hair mask berguna untuk mengatasi masalah rambut kering, rontok, rapuh dan bercabang setelah rebonding. Untuk perawatan awal, lakukan hair mask sebanyak 4 kali treatment.
  • Gunakan masker yang mengandung bahan dengan kadar kelembapan di atas 60 persen. Bisa digunakan bahan dari buah-buahan seperti alpukat, strawberry dan lain-lain. Bisa juga menggunakan masker dari perasan jeruk lemon, minyak kelapa dan putih telur.
  • Melakukan treatment hair spa atau hair serum oil, dilakukan setelah keramas, dimulai dari tengah ke bawah, untuk melindungi kulit kepala. Sebaiknya dilakukan di salon-salon kecantikan.
  • Tidak menggosok rambut dengan keras menggunakan handuk setelah keramas karena akan membuat  batang rambut pecah dan tidak bisa bertahan lama. Cukup dengan mendiamkan rambut sampai kering dengan sendirinya.
  • Setelah rebonding tidak dianjurkan mewarnai rambut dengan zat pewarna rambut karena zat tersebut mengandung zat kimia yang dapat merusak jaringan rambut, selain itu rambut menjadi keras dan sulit diatur.

Apabila melakukan perawatan rambut yang tepat setelah rebonding, maka hasil rebonding dapat bertahan selama satu tahun lebih. Sebaliknya jika rambut tidak dirawat setelah rebonding, rambut akan kembali keriting dan mengembang karena batang rambut kehilangan cairannya. 
Demikian tips rambut sehat setelah rebonding, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.