Cari Tips

Cara Merawat Telapak Kaki Agar Tidak Pecah-Pecah


Cara Merawat Telapak Kaki Agar Tidak Pecah-Pecah
Telapak kaki tentunya juga harus menjadi perhatian kaum hawa agar tampil cantik sempurna dari ujung rambut hingga ujung kaki. Pasalnya jika wajah mulus tetapi kulit kaki kasar dan pecah-pecah akan membuat penampilan menjadi kurang menarik, apalagi jika mengenakan sepatu model terbuka.
Kulit kaki yang kasar dan pecah-pecah biasanya disebabkan oleh pemakaian alas kaki yang keras atau sering memakai alas kaki yang terbuka. Hal tersebut menyebabkan kaki terlalu panas dan ketika terkena sinar matahari secara langsung, terkena debu dan udara membuat kaki menjadi kering dan pecah-pecah.
Selain itu tidak mengenakan alas kaki ketika mencuci atau mengepel juga dapat membuat kaki menjadi pecah-pecah. Pasalnya kandungan bahan kimia yang terdapat pada pembersih lantai atau detergen menyebabkan telapak kaki menjadi iritasi.
Kekurangan minum, mineral, omega-3 serta vitamin C dan E juga mempengaruhi kelembaban kulit sehingga telapak kaki jadi mudah pecah-pecah.

Baca Juga: Cara Mudah Menghaluskan Telapak Tangan


Cara Merawat Telapak Kaki Agar Tidak Pecah-Pecah

Untuk mencegah agar tidak timbul pecah-pecah pada telapak kaki, sebaiknya menggunakan alas kaki yang tertutup sehingga terhindar dari sinar matahari secara langsung. Membersihkan kaki setelah bepergian dan mengoleskan lotion khusus untuk kaki  yang mengandung vitamin C dan E.
Sebaiknya juga berikan perawatan ekstra seperti memijat telapak kaki dengan minyak zaitun yang dapat berguna untuk melembabkan kulit telapak kaki.
Selanjutnya rendam kaki dengan air hangat yang sudah diberi garam mandi yang berguna mengangkat kotoran yang ada pada telapak kaki dan sel-sel kulit mati. Sambil berendam, berikan sedikit scrub ringan agar kotoran dan sel-sel kulit mati benar-benar terangkat.

Baca Juga: Tips Memilih Sepatu Sesuai Bentuk Kaki

Tetapi jika sudah timbul pecah-pecah pada kulit kaki, segeralah lakukan perawatan seperti pemijatan pada telapak kaki dengan oil massage yang kemudian dibungkus dengan kaus kaki pada malam hari ketika akan tidur. Sebaiknya tidak mengelupaskan kulit kaki yang pecah-pecah karena dapat menimbulkan luka.

Selain massage oil, untuk mengatasi kulit kaki yang pecah-pecah dapat juga menggunakan minyak zaitun dan buah pepaya. Untuk minyak zaitun dapat di oleskan secara langsung pada kulit. Sementara buah pepaya diblender halus lalu kaki di rendam dengan air susu yang sudah ditambahkan madu untuk memberikan kelembaban pada kulit.

Jika perawatan kaki ini dilakukan setiap hari maka dalam waktu dua hingga tiga hari kulit kaki yang pecah-pecah akan berkurang. Apabila telapak kaki sudah tidak pecah-pecah sebaiknya tetap melakukan perawatan tersebut seminggu sekali agar kulit kaki tidak kembali kering dan pecah-pecah.
Demikian Cara Merawat Telapak Kaki Agar Tidak Pecah-Pecah, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Cara Merawat Telapak Kaki Agar Tidak Pecah-Pecah | T Ampuh | 5