Tips Ngemil Sehat Untuk Ibu Hamil



Tips Ngemil Sehat Untuk Ibu HamilNgemil sehat merupakan cara tepat untuk menambah kalori dan gizi penting selama hamil. Ibu hamil masih diperbolehkan untuk mengonsumsi cemilan kesukaanya spt rujak, es krim, gorengan, cokelat dan kerupuk. Namun selama cemilan itu disantap sebagai selingan dan bukan sebagai makanan utama. Akan lebih baik lagi jika 'menu' cemilannya adalah buah-buahan segar, susu, biskuit gandum atau jus segar. Memang mengatur makanan saat hamil tidak semudah yang dibayangkan, apalagi semasa hamil perempuan kerap kali menginginkan berbagai makanan yang disukai dalam porsi yang banyak.

Ngemil sehat untuk ibu hamil pun ada manfaatnya, karena selain tidak melewatkan waktu makan pagi, siang dan malam, makan dalam porsi kecil memang dianjurkan untuk dilakukan setiap empat jam sekali sekalipun tidak lapar. Bila ibu hamil sampai menderita mual, bahkan muntah atau nyeri ulu hati, makan tetap harus dilakukan. Caranya bisa dengan mengurangi porsi makan namun dilakukan lebih sering. Hal ini akan membantu ibu hamil terhindar dari resiko kekurangan gizi.


Baca Juga: 4 Tips Kesehatan untuk Ibu Hamil
Tips Ngemil Sehat Untuk Ibu Hamil
Tips Ngemil Sehat Untuk Ibu Hamil
Rata-rata peningkatan berat badan ibu hamil adalah 12 kilogram. Dua belas kilogram yang terdiri atas 
  1. Bobot bayi sebanyak 3,4 kg, 
  2. Plasenta 0,7 kg, 
  3. Ketuban 0,8 kg, 
  4. Kandungan 0,9 kg, 
  5. Peningkatan darah ibu sebanyak 1,25 kg, 
  6. Jaringan ibu 1,35 kg, 
  7. Lemak ibu 3,2 kg
Manfaat ngemil sehat untuk ibu hamil tentunya selain dapat menambah kalori dan gizi penting, ngemil sehat yang terencana dapat membantu ibu hamil tetap mendapat asupan makan, meski nafsu makan sedang menurun.
Keuntungan lain, memasuki beberapa minggu terakhir kehamilan, biasanya tekanan janin pada lambung membatasi jumlah makanan yang akan di santap. Untuk itu, ngemil sehat tentu akan terasa lebih enak jika diterapkan pada fase ini.