Tips Cara Mengatasi Nyeri Haid



Tips Cara Mengatasi Nyeri HaidHaid atau menstruasi merupakan hal lumrah yang dialami wanita setiap bulan sebagai pertanda ia masih dalam masa subur. Haid merupakan proses hormonal pada sistem reproduksi wanita yang melibatkan kerja kelenjar hipotalamus, hipofisis dan ovarium ( indung telur ) yang terjadi secara berkala sebulan sekali.
Pada beberapa wanita keluarnya darah haid menimbulkan rasa nyeri, baik ringan maupun berat. Nyeri haid terjadi karena adanya kontraksi disritmik dari otot rahim. Akibatnya pada saat haid perut terasa mulas akibat pengeluaran darah kotor pada ovarium. Biasanya juga akan terasa kram perut ketika haid datang.

Baca Juga: Cara Mengatasi Kram Perut saat Haid

Untuk nyeri haid ringan, kamu dapat mencoba jamu kunyit asam untuk mengurangi rasa nyeri dan sekaligus membersihkan rahim dan melancarkan darah haid. Kunyit juga mengandung zat kurkumin (warna kuning pada kunyit), vitamin C, minyak atsiri, protein, karbohidrat, dan beberapa mineral seperti kalsium, fosfor dan zat besi. Zat kurkumin berkhasiat untuk mencegah dan memperbaiki luka lambung, sementara kandungan minyak atsirinya berkhasiat sebagai anti-inflamasi. 

Kombinasi kunyit dan asam jawa akan mempermudah proses metabolisme tubuh, dimana dapat melancarkan peredaran darah, membuang lemak dan membuat oksigen segar mudah mengalir didalam tubuh, juga dapat menjaga keseimbangan berat badan. 

tips cara mengatasi nyeri haid

Cara Membuat Jamu Kunyit Asam :
- Ambil satu rimpang kunyit ukuran besar, diiris tipis lalu ditumbuk
- Rebus kunyit yang telah ditumbuk dengan asam 
- Beri gula merah atau gula putih sesuai selera
- Beri sedikit garam sebagai penyedap
- Rebus hingga mendidih
- Setelah mendidih, diamkan rebusan hingga agak dingin lalu disaring
- Jamu kunyit asam siap untuk diminum
 Rebusan jamu kunyit asam dapat bertahan hingga tiga minggu dengan penyimpanan didalam freezer.

Pada nyeri haid berat, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter kandungan, karena dikhawatirkan terdapat kelainan organik seperti mioma dan endometriosis.
Saat haid sebaiknya kamu juga banyak minum air putih untuk mencegah dehidrasi. Jika darah haid keluar banyak, dapat dibantu dengan suplemen zat besi sebagai penambah darah.
Demikian tips cara mengatasi nyeri haid, semoga bermanfaat.

Tips Cara Mengatasi Nyeri Haid | T Ampuh | 5