Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami



Cara mengatasi rambut rontok secara alami - Kerontokan rambut, penipisan rambut atau kebotakan adalah suatu hal yang pastinya tidak ingin dialami oleh semua orang terutama wanita. Bagi beberapa orang yang mengalami rambut rontok mungkin sudah mengeluarkan banyak biaya untuk menjalani perawatan rambut atau untuk membeli produk-produk yang dijual bebas untuk pengobatan rambut rontok. Dimana beberapa produk tersebut mungkin mengandung bahan-bahan kimia yang berbahaya dan justru malah menambah parah kerusakan rambut.

Kini kamu tidak perlu khawatir karena ada cara murah alami yang dapat membantumu mengatasi rambut rontok dengan cepat dan efektif tanpa harus mengeluarkan banyak biaya.
Tapi sebelumnya kita ketahui dulu kenapa rambut bisa rontok? Apa sih yang menyebabkan rambut rontok?
cara mengatasi rambut rontok

Penyebab rambut rontok


Penyebab yang pertama adalah physical stress, seperti habis operasi, sedang sakit atau bahkan wanita yang sedang hamil pun juga dapat mengalami kerontokan rambut dan hal-hal tersebut normal terjadi. Namun jika kerontokan rambut lebih dari 70 helai perhari dan kamu tidak sedang dalam masa kondisi menyusui, hamil dan mengkonsumsi obat dari dokter, berarti kamu sedang mengalami masalah kerontokan rambut. 

Terlalu banyak mengonsumsi vitamin juga dapat menjadi salah satu faktor kerontokan rambut. Sebagai contoh, ada orang yang mengalami kerontokan rambut setelah mengonsumsi vitamin A. Seperti kita tahu bahwa vitamin A sangat baik untuk kulit namun jika terlalu banyak akan memberikan efek samping seperti kerontokan rambut.

Jika kamu ingin mengatasi rambut rontokmu dengan cepat, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menghindari stress. Selain itu juga kamu harus meninggalkan kebiasaan buruk lainnya yang mungkin selama ini kamu lakukan. 
Seperti waktu tidur hingga larut malam, merokok, hingga menggunakan produk rambut yang mengandung banyak bahan kimia berbahaya.

Terlepas dari apapun penyebabnya, berikut ini adalah cara mengatasi rambut rontok yang dapat kamu lakukan dirumah.

1. Hindari produk yang mengandung bahan kimia

Cara yang pertama agar rambut tidak rontok adalah menghindari penggunaan produk rambut yang mengandung bahan kimia. Kadang-kadang tanpa disadari penyebab utama kerontokan rambut adalah dari shampo yang kamu gunakan setiap hari. Selain itu produk kimia lainnya seperti kondisioner, pembersih rambut dan produk styling juga dapat membuat rambut menjadi rusak dan kering. Jika dibiarkan terus yang terjadi adalah rambut lebih mudah rontok dibanding dengan rambut yang tidak menggunakan produk kimia.

Solusinya adalah dengan mengganti shampo yang sering kamu gunakan dengan shampo untuk rambut rontok yang tidak mengandung bahan kimia atau sulfat, karena shampo yang mengandung sulfat sangat keras. Memang shampo jenis ini dapat dengan cepat membersihkan rambut yang kotor tapi disaat yang bersamaan juga akan menghilangkan kandungan minyak dirambut. 
Seperti kita ketahui bahwa kandungan alami minyak pada rambut dapat memberikan perlindungan ekstra pada rambut. Oleh karenanya pilihlah shampo yang mengandung bahan pembersih alami yang tidak terlalu keras untuk rambut.

Untuk penggunaan kondisioner juga sebaiknya diganti dengan kondisioner yang mengandung bahan-bahan alami. Kondisioner yang mengandung sulfat juga tidak baik untuk rambut. Kamu dapat membuat kondisioner sendiri dirumah dengan menggunakan lidah buaya, minyak kelapa, dan minyak zaitun. 

Kamu bisa mencoba bahan alami seperti cuka sari apel yang akan membuat rambut terlihat kenyal, lembut dan indah. Selain itu penggunaan produk rambut seperti gel atau spray yang mengandung bahan kimia juga tidak disarankan.

2. Perlakukan rambut dengan hati-hati

Jika kamu sedang mengalami kerontokan rambut, sangat disarankan agar tidak terlalu sering mencuci rambut atau keramas. Karena dengan keramas yang terlalu sering dapat menghilangkan minyak alami yg dibutuhkan oleh rambut. Rambut tidak akan sempat memproduksi minyak yang dapat membuat rambut menjadi sehat. 
Batasi kebiasaan keramas setiap hari, mulai keramas dua sampai tiga kali saja dalam seminggu dan antara waktu keramas kamu dapat gunakan sampo kering atau dry shampoo.

Setelah keramas atau pada waktu rambut kamu basah jangan pernah memeras rambut karena akan membuat rambut jadi lebih mudah patah. Biasanya wanita yang memiliki rambut panjang tanpa di sadari akan memeras rambut seperti memeras cucian dengan tujuan untuk mengeringkan rambut dengan cepat. Ini tidak boleh dilakukan. Daripada diperas, kamu dapat mengeringkan rambut dengan handuk kering dan tepuk perlahan pada rambut untuk menghilangkan sisa airnya. 

Terakhir adalah penggunaan sikat rambut. Jangan pernah gunakan sikat rambut karena akan menambah kerontokan. Sebagai gantinya, kamu dapat menggunakan sisir bergigi lebar. Kamu juga harus menghindari kebiasaan menyisir rambut atau menyikat rambut pada saat rambut masih basah.

3. Hindari pemanas rambut

Alat-alat seperti hairdryer, pelurus rambut dan pengeriting rambut dapat mengakibatkan kerusakan dan kerontokan rambut. Hindarilah untuk menggunakan alat-alat styling tersebut. Jika kamu ingin meluruskan rambut atau mengeriting, lebih baik gunakan beberapa metode meluruskan rambut tanpa menggunakan panas. Kamu bisa menggulung rambut dengan rol dan bukan dengan alat pengeriting rambut.

4. Biarkan rambut kembali alami

Pada saat mengalami kerontokan rambut, disarankan untuk tidak melakukan hal-hal seperti bleaching, mewarnai rambut dan highlighting karena hal tersebut dapat membuat rambut menjadi tambah rapuh, kering dan tambah rontok.

Pengeritingan rambut dan atau pelurusan rambut dapat sangat merusak rambut. Biarkanlah rambut kembali pada tekstur serta warna aslinya untuk menjaga agar rambut tetap sehat.



5. Rutin potong rambut (hair trimming)

Cara mengatasi rambut rontok berikutnya adalah dengan rutin untuk melakukan hair trimming. Ini akan membantu untuk menyingkirkan ujung-ujung rambut yang rusak. Dengan memotongnya akan merangsang pertumbuhan rambut yang baru. Disarankan untuk memotong rambut agak lebih pendek atau gunakan layer untuk memberi kesan lebih tebal pada rambut.

6. Makan makanan sehat

Tentu kita semua tahu bahwa diet sehat memiliki peranan penting agar dapat selalu tampak sehat dan cantik. Diet sehat dapat mencegah obesitas dan kelebihan berat badan yang dapat mengakibatkan timbulnya penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan diabetes. 

Selain itu diet sehat juga berpengaruh besar pada kesehatan kulit. Itulah mengapa dengan diet sehat dapat otomatis membuat kulit tampak lembut, halus dan cantik. Sebaliknya jika makan makanan siap saji, minuman yang terlalu manis, dll akan membuat kulit kusam, kering dan dapat menimbulkan masalah kulit lainnya. 
Tidak hanya kesehatan kulit, diet sehat juga sangat mempengaruhi kesehatan pada rambut.

Jika kamu ingin tahu salah satu cara mengatasi rambut rontok secara alami yang dapat dilakukan dirumah, maka kamu harus mengonsumsi makanan sehat yang mengandung nutrisi penting. Hasilnya dapat kamu lihat pada tekstur dan bertambahnya volume rambut. Dengan diet sehat disertai asupan vitamin dan mineral yang cukup akan membuat rambut menjadi semakin tebal dan tumbuh kuat setiap hari. 

Selain vitamin dan mineral, mengonsumsi protein juga tak kalah pentingnya, karena protein sangat bagus untuk kesehatan kulit, tulang dan kuku. Dengan asupan protein yang cukup, akan membuat rambut berkilau dan tebal. Kamu bisa mendapatkan cukup protein dengan makan ikan, kacang-kacangan, daging dan telur. Kamu juga harus meningkatkan asupan omega-3 asam lemak. Ini bisa didapat dari kenari, sarden, biji labu dan alpukat. 

Kekurangan vitamin pun dapat membuat rambut jadi rontok. Oleh karena itu sangat penting untuk mendapatkan cukup vitamin juga. Sebagai contoh bayam dan sayuran berdaun hijau serta buah-buahan yang kaya akan vitamin C harus dimasukkan ke dalam menu dietmu. Tapi tidak boleh terlalu berlebihan, karena akan berpengaruh pada kesehatan rambut.

Cara mengatasi rambut rontok dengan menggunakan bahan alami 


1. Telur

Ambil satu atau dua butir telur (tergantung dari panjang rambut) pecahkan dan kocok, setelah itu balurkan pada seluruh rambut dan diamkan selama setengah jam. Setelah itu bilas dengan air hangat dan cuci dengan shampo. Disarankan untuk mengulangi perawatan ini satu atau dua kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

2. Minyak zaitun

Ambil minyak zaitun secukupnya, panaskan sedikit, biarkan sampai hangat kemudian oleskan pada rambut sambil dipijat pelan selama 30 – 45 menit. Setelah selesai dapat dibilas dengan air hangat dan cuci bersih dengan shampo yang tidak mengandung bahan kimia. Atau dapat kamu biarkan semalaman dan mencuci rambut pada keesokan harinya karena minyak zaitun sangat aman digunakan dan tidak menimbulkan efek samping. 

Kamu bisa juga mencampur minyak zaitun dengan madu. Ambil minyak zaitun dan madu secukupnya, campurkan kedalam wadah dan aduk. Oleskan campuran ini pada rambut dan diamkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan perawatan rambut rontok ini sekali seminggu.

3. Alpukat

Alpukat berfungsi untuk melembabkan rambut dan mengandung vitamin E yang sangat baik untuk kesehatan rambut. Caranya, ambil alpukat secukupnya, tumbuk hingga halus. Ambil satu sendok makan minyak zaitun, 1 buah pisang yang juga sudah ditumbuk dan dihaluskan, kemudian campurkan jadi satu dan oleskan pada rambut. Diamkan selama 30 menit agar nutrisi dapat diserap dengan baik. Kemudian cuci dengan air hangat dan keramas dengan shampo.

4. Lidah buaya

Lidah buaya dapat membantu untuk memulihkan keseimbangan PH pada kulit kepala. Perawatan ini cukup mudah, kamu hanya perlu untuk mengekstrak gel dari daun lidah buaya dan menggosokkannya dengan lembut pada kulit kepala. Biarkan selama setengah jam, lalu bilas dengan air hangat. Disarankan untuk melakukan perawatan ini dua kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Madu

Madu telah banyak digunakan untuk perawatan kecantikan secara luas karena banyak mengandung vitamin dan mineral. Madu selain dapat digunakan untuk memperbaiki rambut yang rusak, juga dapat membuat rambut menjadi lebih tebal dan kuat. 

Ambil madu secukupnya, usapkan keseluruh rambut hingga ke kulit kepala. Pijat-pijat kulit kepala dengan lembut kemudian tutup kepala dengan shower cap atau handuk bersih dan diamkan selama kurang lebih 20 menit sampai nutrisi terserap oleh rambut. Setelah itu kamu dapat cuci hingga bersih dan keramas dengan shampo seperti biasa. Disarankan untuk melakukan perawatan madu ini secara teratur untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. 

Demikian perawatan cara mengatasi rambut rontok secara alami yang dapat kamu lakukan sendiri dirumah. Semoga dapat bermanfaat dan selamat mencoba.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami | admin | 5