4 Januari 2018

Cara Memilih Jenis Scrub yang Bagus dan Aman

cara memilih scrub yang bagus dan aman

Cara memilih jenis scrub yang bagus dan aman – Setiap wanita tentunya mendambakan kulit yang bersih dan juga halus. Karena itu selain melakukan perawatan yang biasa dilakukan oleh setiap orang, yaitu mandi, tidak jarang wanita melakukan perawatan lain seperti scrubbing. 

Jika tadinya scrubbing hanya dapat dilakukan di salon-salon kecantikan perawatan tubuh, namun dewasa ini melakukan scrubbing dapat juga dilakukan di rumah.  

Selain lebih ekonomis, kita juga dapat dengan leluasa mencoba berbagai macam produk yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan dan selera kita.

Fungsi utama dari scrub sendiri adalah mengangkat sel kulit mati, membuat kulit senantiasa halus, mempercepat proses regenerasi sel kulit, mengangkat dan sekaligus membuka pori kulit supaya kulit dapat bernapas dan menyerap nutrisi dari lotion, body butter, pelembap atau lainnya. 

Tidak seperti pelembap yang harus digunakan sesuai dengan jenis kulit kita, pada dasarnya scrub dapat digunakan untuk semua jenis kulit. Asalkan setelah menggunakannya, oleskan kulit dengan body lotion yang sesuai dengan jenis kulit. 

Scrub juga bisa digunakan oleh orang yang mempunyai jenis kulit kering dan bersisik. Salah satu faktor yang menyebabkan kulit kering yaitu timbunan kulit mati yang terdapat pada lapisan kulit bagian luar yang kurang dirawat sehingga menimbulkan sisik dan kelihatan kusam. 

Karena itu perlu dilakukan scrubbing untuk mengangkat sel kulit mati supaya tidak menumpuk. Gunakan soothing lotion setelah penggunaan scrub. 


Cara menggunakan scrub


Pemakaian scrub sebaiknya dilakukan dua minggu sekali, sesuai dengan regenerasi kulit yang berlangsung setiap 14-21 hari sekali atau bisa juga dilakukan sesuai dengan kondisi kulit. 

Jika kulit sangat kering disarankan melakukan scrubbing maksimal dua kali dalam sebulan saja. 

Pilih scrub yang berjenis enzyme scrub, contohnya scrub dengan kandungan enzim buah papaya, nanas atau stroberi karena memiliki kadar pelembap yang tinggi. 

Dan yang harus diperhatikan pada saat melakukan scrubbing pastikan tidak ada luka yang terbuka atau terdapat luka baru, kulit tidak berjerawat, tidak mempunyai penyakit kulit seperti eksim atau rosacea dan tidak terdapat luka bakar.


Cara memilih scrub yang bagus dan aman


Walaupun sudah dijelaskan sebelumnya bahwa scrub dapat digunakan untuk semua jenis kulit, namun tidak semua produk scrub dapat kita gunakan.

Dengan maraknya pemalsuan produk-produk kecantikan yang terjadi dewasa ini, kita harus mengetahui ciri-ciri dari scrub yang bagus dan baik serta aman kita gunakan. 


Ciri-ciri tersebut yaitu:

  1. Tidak mengandung bahan kimia aktif yang berbahaya, seperti pengawet dan pewarna.
  2. Menggunakan bahan alami dan tidak menyebabkan reaksi alergi, seperti gatal, kemerahan serta panas pada kulit.
  3. Tidak menyebabkan iritasi.
  4. Tidak menimbulkan sensasi panas seperti rasa terbakar pada kulit.
  5. Tidak meninggalkan kesan kering pada kulit dan tidak adanya perubahan warna kulit yang mencolok.

Sesuai dengan perkembangan jaman dan kebutuhan konsumen,dewasa ini scrub banyak diproduksi dengan menggunakan bahan-bahan alami dan mudah ditemui di sekitar kita. 


Beberapa jenis scrub yang mengandung bahan-bahan alami


  1. Scrub dengan kandungan rempah-rempah. Scrub ini mempunyai tekstur yang ringan sehingga terasa nyaman di kulit. Aromanya yang  khas tradisional Indonesia dapat memberikan rasa rileks dan melancarkan peredaran darah.
  2. Kegiatan merawat kulit tubuh jadi lebih menyenangkan dengan scrub beraroma anggur ini. Sangat cocok digunakan oleh pemilik kulit normal dengan kelembapan yang sedang sehingga membuat kulit tidak berminyak.
  3. Saat ini kopi tidak saja digunakan sebagai bahan minuman tapi juga dapat dipakai sebagai kandungan scrub. Aroma kopi yang khas bermanfaat untuk memacu energi dalam memulai aktifitas sehari-hari dan membuat lebih bersemangat. Selain itu biji kopinya berkhasiat untuk mencerahkan kulit.
  4. Bagi yang mempunyai kulit sensitif tidak perlu takut melalukan scrubbing. Gunakan scrub yang mempunyai kandungan rumput laut karena teksturnya yang halus sangat cocok digunakan oleh pemilik kulit sensitif. Selain itu scrub dengan kandungan rumput laut juga berkhasiat untuk mencerahkan kulit tubuh. 
  5. Sedangkan untuk kulit kering gunakan scrub dengan kandungan cocoa butter yang dapat dengan cepat mampu melembabkan kulit.
Demikian cara mengetahui jenis scrub yang bagus dan baik serta aman bagi kulit, semoga bermanfaat dan selamat melakukan scrubbing! 

Artikel Terkait