24 Agustus 2015

Tips Sebelum Membeli Kulkas

Tips sebelum membeli kulkas - Saat ini kulkas atau lemari es sudah bukan merupakan kebutuhan sekunder lagi dalam rumah tangga. Posisi kulkas kini sudah meningkat menjadi kebutuhan primer atau kebutuhan pokok karena memang kegunaannya yang sangat membantu dalam menyimpan bahan makanan ataupun makanan yang sudah matang agar awet. Mengingat kegunaannya yang penting itu diharapkan pemakaian kulkas menjadi pemakaian dalam jangka panjang karena harganya yang juga tidak murah. Untuk itu perlu diperhatikan beberapa hal berikut dalam tips sebelum membeli kulkas sehingga sesuai dengan keinginan kita dan juga tahan lama.


Tips Sebelum Membeli Kulkas


Ruang untuk meletakkan kulkas

Pertama-tama anda harus memikirkan di mana anda akan meletakkan kulkas tersebut. Sesuai dengan kegunaannya, yaitu sebagai penyimpan makanan, biasanya kulkas diletakkan di dapur. Yang harus diperhatikan bahwa tidak semua kulkas yang bermerk sama atau kapasitas yang sama mempunyai ukuran yang sama pula, baik tinggi atau lebarnya.
Setelah mendapatkan tempat yang pas untuk menaruh kulkas anda, sisakan sedikit ruang di atas, sisi kiri dan kanan. Fungsi dari sisa ruang itu adalah menjaga agar temperatur udara di sekeliling kulkas tidak terlalu panas karena apabila terlalu panas bisa menyebabkan kulkas cepat rusak. Selain sebagai penyimpan makanan, usahakan juga kulkas dapat dipakai sebagai pemanis ruangan. Hal lain yang sering terabaikan dalam meletakkan kulkas yaitu ukuran pintu masuk ke ruangan tempat kulkas akan diletakkan sehingga pastikan ukuran pintu masuk ke ruangan bisa dilalui kulkas anda.

Kapasitas Kulkas

Sesuaikan kapasitas kulkas dengan yang anda butuhkan. Apabila anda memiliki keluarga besar atau terbiasa berbelanja bulanan, maka anda membutuhkan kulkas dengan kapasitas besar. Sebaliknya jika anda mempunyai anggota keluarga yang sedikit atau biasa berbelanja seperlunya, sebaiknya anda memilih kulkas dengan kapasitas kecil atau sedang. Kulkas dengan kapasitas besar tentu menjadi mubazir dengan banyak ruang kosong di dalamnya.

Beragam Tipe

Kulkas memiliki beragam tipe dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pada umumnya jenis kulkas terbagi menjadi 2 jenis: kulkas freezer (dengan ruang pembeku) dan non-freezer (tidak dilengkapi dengan freezer) atau biasa disebut All-refrigerator model, tapi unggul dalam kapasitas penyimpanan. Seluruh ruangnya hanya diperuntukkan sebagai penyimpan makanan/pendingin makanan. Sekarang tinggal anda memilih, jenis manakah yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Memilih Fitur

Fitur penting yang perlu yaitu bebas bunga es (Frost-Free). Beberapa fitur lainnya adalah hemat energi, rak tambahan untuk menambah kapasitas, pembuat es batu dan dispenser, kompartemen quic k cool, freezer. Beberapa jenis kulkas dilengkapi juga dengan display digital atau filter dispenser dan juga diramaikan dengan fitur eco green (ramah lingkungan). Pilih fitur yang sesuai dengan kebutuhan anda karena belum tentu semua fitur itu anda butuhkan.

Mudah Dibersihkan

Warna dan material kulkas juga menjadi bahan pertimbangan dalam memilih kulkas yang pas. Warna kulkas yang senada dengan tema atau warna dapur akan membuat kulkas menjadi pemanis ruangan yang pas. Untuk membuat kulkas terlihat lebih bersih bisa dipilih warna kulkas yang cerah, misalnya putih. Pilih material yang anti karat agar kulkas tahan lama. Jika anda mempunyai anak kecil sebaiknya pilih bahan yang mudah dibersihkan.

Harga

Biasanya harga kulkas ditentukan oleh merk, besarnya sampai fitur yang ditawarkan. Sesuaikan dana yang dimiliki dengan kebutuhan anda. Tentu saja anda tak perlu membeli kulkas yang berukuran 2 pintu dengan penampilan dan  fitur yang menarik apabila yang anda butuhkan sebenarnya hanya kulkas berukuran 1 pintu dengan fitur yang sederhana.


Demikian beberapa tips sebelum membeli kulkas yang pas, semoga bermanfaat dan selamat memiliki kulkas baru.

Artikel Terkait