21 Mei 2012

Tips Ampuh Memutihkan Kulit Secara Alami

Tips Ampuh Cara Memutihkan Kulit Secara Alami - Adanya anggapan yang mengatakan bahwa warna kulit putih itu lebih cantik membuat wanita kemudian mencoba berbagai cara untuk memutihkan kulit secara alami. Sebenarnya warna kulit seseorang baik itu yang berkulit hitam, kulit putih atau yang berkulit coklat, ditentukan oleh banyak faktor. Faktor dari luar tubuh karena adanya paparan sinar matahari secara langsung dapat membuat kulit putih menjadi lebih gelap. Sementara faktor lain adalah dari dalam tubuh yang sedikit banyak ditentukan oleh melanin.

Melanin diproduksi oleh sel melanosit, yang mana melanin dirangsang produksinya oleh enzim tyronase. Inilah yang kemudian mempengaruhi warna kulit, warna mata dan warna rambut kita. Banyak atau sedikitnya serta jenis melanin yang menentukan pigmen, diatur oleh beberapa gen dalam tubuh yang diturunkan dari orangtua ke anak-anak mereka. Gen-gen inilah yang menyebabkan banyaknya perbedaan warna kulit pada manusia. 

Untuk mencerahkan dan memutihkan kulit tergantung pada ras nya masing-masing. Tentu saja ras kaukasian atau orang bule berbeda dengan ras orang Asia atau Negroid. Jadi pada saat proses memutihkan kulit secara alami tentu akan memberikan hasil yang berbeda untuk setiap ras. 


tips ampuh memutihkan kulit secara alami
Cara Memutihkan Kulit Secara Alami

Berikut beberapa cara memutihkan kulit secara alami 
  • Jeruk Nipis dan Lemon
Kandungan vitamin C pada jeruk sangat tinggi. Ada dua cara untuk memutihkan kulit secara alami dengan memanfaatkan jeruk. 

Pertama, yaitu dengan mengkonsumsi langsung. 
Kedua, yaitu menggunakan jeruk nipis dari luar dengan cara mengusapkan potongan jeruk nipis pada wajah dan bagian tubuh yang ingin di putihkan, lakukan secara rutin setiap hari. 

Bisa juga dengan cara mencampur jeruk lemon dengan putih telur, campuran ini dapat kamu gunakan sebagai masker. Masker ini dapat kamu pakai selama 5-10 menit kemudian dibilas.

Jeruk juga dapat dikombinasikan dengan yoghurt. Yoghurt mengandung vitamin C dan B3 yang bermanfaat untuk memutihkan kulit secara alami dan sekaligus dapat mencerahkan kulit. Caranya, ambil dua sendok makan yoghurt dicampur satu sendok makan perasan jeruk. Kemudian aduk hingga tercampur rata. Oleskan pada wajah dan leher secara merata dan biarkan selama 15 menit.


Cara Memutihkan Kulit Secara Alami
Cara Memutihkan Kulit Secara Alami
  • Pepaya
Pepaya mengandung enzim papain yang sangat berguna sebagai eksfoilator yaitu membersihkan kotoran, mengangkat sel-sel kulit mati dan tentunya dapat memutihkan kulit secara alami. Enzim papain dapat menjadikan kulit putih, cerah dan halus. 

Caranya, ambil pepaya secukupnya, kemudian diblender atau dihaluskan, bisa dicampur dengan jeruk nipis, lalu oleskan ke wajah, leher dan seluruh tubuh yang ingin diputihkan. Lakukan seminggu sekali.


Cara Memutihkan Kulit Secara Alami
Cara Memutihkan Kulit Secara Alami
  • Pisang Ambon
Selain mengandung vitamin C, pisang ambon juga mengandung serat yang tinggi yang dapat dimanfaatkan sebagai cara memutihkan kulit secara alami. Pisang ambon sangat cocok digunakan untuk kulit normal. 

Caranya, pisang ambon dikupas lalu diblender, setelah itu ditambahkan dengan satu sendok teh madu dan diaduk sampai rata. Jadikan campuran tersebut sebagai masker, dengan cara mengoleskan pada wajah termasuk leher. Lalu diamkan selama 15 menit setelah itu dicuci bersih dengan air dingin. Lakukan seminggu sekali.


Cara Memutihkan Kulit Secara Alami
Cara Memutihkan Kulit Secara Alami
  • Lobak Putih
Lobak kaya akan antioksidan seperti vitamin C, E, beta-carotene dan mineral mangan yang baik untuk detoksifikasi tubuh. Lobak putih juga dapat digunakan untuk memutihkan kulit secara alami. 

Caranya, ambil lobak putih secukupnya, haluskan atau blender hingga menjadi jus kemudian gosokkan perlahan pada bagian tubuh yang diinginkan selama 5 hingga 10 menit. 


Cara Memutihkan Kulit Secara Alami
Cara Memutihkan Kulit Secara Alami
    Tips Tambahan Cara Memutihkan Kulit Secara Alami
    • Jangan terlalu lama buah diblender karena jika terlalu halus akan menjadi cairan dan vitamin C dalam buah menjadi rusak
    • Karena vitamin C atau antioksidan dapat cepat mengalami oksidasi, maka begitu buah-buahan tersebut dibuat, segeralah digunakan agar kandungan vitaminnya tidak menguap
    • Perawatan dengan bahan alami cukup dilakukan seminggu sekali agar tidak timbul iritasi. Terutama jeruk yang bersifat asam
    • Buah-buahan dapat dicampur dengan susu atau madu. Susu bersifat untuk melembutkan kulit, sementara madu bersifat sebagai antibakteri, memberikan nutrisi dan melembabkan kulit
    Demikian tips ampuh tentang cara memutihkan kulit secara alami, namun di harapkan selain mengikuti tips-tips di atas, kamu juga tetap harus rutin melakukan perawatan wajah harian. Seperti membersihkan wajah dengan facial wash atau cleansing milk yang kemudian di lanjutkan dengan menggunakan toner.
    Semoga dapat bermanfaat dan selamat mencoba.

    Artikel Terkait