6 November 2017

Cara Membuat Masker Coklat, Masker Pisang dan Masker Alpukat

Cara Membuat Masker Coklat, Masker Pisang dan Masker AlpukatProduk kecantikan siap beli yang berada dipasaran ternyata banyak menggunakan bahan-bahan yang terdapat di lemari dapur. Makanan dan minyak yang dibeli di toko bahan pangan juga dapat digunakan untuk perawatan kecantikan, seperti coklat, madu, pisang, alpukat dan olive oil. Semua dapat di gunakan untuk membuat masker untuk perawatan wajah. 

Berikut ramuan masker untuk perawatan wajah yang dapat kamu buat sendiri dirumah.


Cara Membuat Masker Coklat, Masker Pisang dan Masker Alpukat


  • Masker Coklat dan Madu
Kamu mungkin pernah mendengar tentang perawatan facial coklat di spa dengan biaya yang lumayan mahal, bukan? Nah, kini kamu bisa melakukannya sendiri di rumah dengan biaya yang jauh lebih murah. 

Menurut Skin Care Recipes and Remedies, coklat dapat melembabkan kulit dan mengandung antioksidan yang dapat mencegah radikal bebas. Menurut ahli dermatologi Dr Doris Day kepada CNN, madu juga merupakan produk terbaik untuk perawatan alamiah kulit sehingga madu digunakan secara luas dalam literatur medik untuk digunakan pada luka dan lepuh. Ia menggunakannya pada jerawat dan resep scrub. 



Berikut adalah cara membuat masker madu dan coklat:
Bahan yang dibutuhkan:

4 sendok makan cocoa powder
8 sendok makan yoghurt
2 sendok makan oatmeal
3 sendok makan madu


Cara Membuat Masker Coklat Madu:
  1. Campur semua bahan sampai menjadi krim
  2. Oleskan ke wajah dengan jari atau kuas
  3. Diamkan selama 15 menit
  4. Bilas hingga bersih dengan menggunakan air hangat

  • Masker Pisang
Pisang, madu dan sedikit sari lemon dapat digunakan sebagai masker wajah. Pisang sangat menenangkan dan melembabkan kulit sehingga dapat digunakan sebagai masker wajah. Campuran dari pisang, madu dan sari lemon ini dapat menyegarkan dan sekaligus melindungi wajah dari kerusakan kulit.



Bahan yang dibutuhkan:

1 buah pisang matang
1 sendok makan madu
10 tetes sari lemon


Cara Membuat Masker Pisang:

  1. Haluskan pisang dengan sendok
  2. Beri madu dan sari lemon. Aduk rata.
  3. Oleskan masker keseluruh wajah
  4. Diamkan beberapa menit
  5. Bilas bersih dengan air hangat

  • Masker Alpukat
Alpukat kaya akan lemak, potassium, vitamin A, B, C dan E, juga merupakan pelembab yang baik. Karena mengandung Humenctant, yaitu sejenis minyak yang mengunci kelembaban dan menambah kekuatan hidrasi. 
Untuk mengatasi masalah kulit kering, haluskan alpukat dan oleskan pada kulit dengan gerakan lembut ke atas, pijat pelan wajah dengan kulit bagian dalam alpukat. Lakukan perawatan ini pada malam hari atau siang hari sebagai pembersih wajah. Bilas dengan air hingga bersih setelahnya.



Alpukat juga dapat menjadi ramuan untuk perawatan rambut dengan menambahkan putih telur. Berikut caranya:

Bahan yang dibutuhkan:

2 butir putih telur
1/2 buah alpukat


Cara Membuat Masker Alpukat untuk Rambut

  1. Haluskan alpukat lalu campur dengan putih telur
  2. Oleskan pada rambut
  3. Diamkan sekitar 15 menit
  4. Bersihkan dan beri conditioner seperti biasa


  • Olive Oil
Perawatan kecantikan hasil ramuan sendiri bukan hanya scrub dan masker saja. Kamu juga bisa membuat pembersih makeup dari bahan yang ada di lemari dapur, salah satunya adalah Olive Oil. Sebagian orang mencampur dengan air dalam botol dan menggunakan campuran ini untuk membersihkan makeup.



Apapun cara yang kamu pilih, yang kamu lakukan hanya membasahi kapas dengan olive oil atau gunakan campuran olive oil dan air lalu usapkan pada wajah untuk membersihkan kulit.
Menurut Natural Skin Care Secrets, extra virgin olive oil juga bisa melembabkan kulit yang kering. Pijatkan sedikit pada bagian tubuh yang memiliki kulit kering, contohnya seperti tumit dan siku.

Demikian cara membuat masker coklat, masker pisang serta masker alpukat untuk perawatan wajah dan rambut yang dapat kamu lakukan sendiri di rumah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Artikel Terkait