7 Cara Mudah Agar Tampak Fotogenik di Depan Kamera



7 Cara Mudah Agar Tampak Fotogenik di Depan Kamera – Dewasa ini kebiasaan selfie (mem-foto diri sendiri) sepertinya sudah menjadi budaya bagi sebagian orang. Tidak hanya anak-anak usia remaja tapi juga sering kali orang berusia dewasa juga terkena demam selfie. Di berbagai kesempatan tidak jarang orang menyempatkan diri untuk ber-selfie ria dan kemudian dipasang sebagai profile picture akun situs jejaring sosial atau di smartphone yang mereka miliki. 

Namun sering pula hasil foto yang didapat sangat tidak sesuai dengan yang kita inginkan. Wajah terlihat lelah dan kusam, pandangan mata yang kosong, postur tubuh yang kaku atau bahkan tatanan rambut yang berantakan seringkali menjadi hal-hal yang sering dikeluhkan. 

Dengan hasil yang mengecewakan tersebut biasanya orang mencap tidak fotogenik sehingga mengakibatkan hasil foto yang didapat juga kurang bagus. Seringkali orang berfikir bahwa untuk menjadi fotogenik di depan kamera haruslah mempunyai bakat fotogenik. 

Anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar, karena dengan mempraktekkan dan membaca tuntas artikel di bawah ini, kamu dapat menjadi fotogenik bak fotomodel tanpa harus mempunyai bakat fotogenik. Nah, bagaimana sih caranya untuk dapat tampil fotogenik?
cara agar fotogenik di depan kamera


Berikut 7 tips mudah untuk menjadi fotogenik di depan kamera:

1. Fokus Mata dan Ekspresi
Mencoba berbicara dengan hati dan pikiran kita dapat membantu mata kita terlihat lebih ekspresif. Tatapan mata yang kosong akan memberi kesan ‘kurang hidup’ sehingga hasil foto kurang dapat dinikmati. Cobalah berkaca di depan cermin untuk membantu melatih ekspresi mata.

2. Jangan Bergantung Kepada Teknologi
Walaupun sekarang ini teknologi digital imaging sangat membantu menyempurnakan hasil foto, sebaiknya riasan wajah tetap dilakukan secara manual agar hasil yang didapat terlihat natural. Aplikasikan riasan secara halus dan membaur agar kelebihan yang kita miliki dapat kita tonjolkan dan menyamarkan kekurangan pada wajah kita. 

3. Kesegaran Kulit
Kulit wajah yang segar dan terawat akan ‘sangat bersahabat’ dengan mata kamera. Untuk itu membasuh wajah dengan air dingin dan memakai pelembab wajah akan sangat membantu menyegarkan kulit dan mengecilkan pori-pori. Perawatan kulit yang tepat secara teratur dapat menjadi solusi bagi kulit yang kurang segar dan tampak kusam. 

4. Penampilan Serasi
Selain wajah yang segar, make up dan tatanan rambut yang menunjang, hal lain yang perlu diperhatikan adalah model busana yang sesuai dengan bentuk tubuh dan warna kulit. Pastikan kamu tidak memakai busana yang membuatmu jadi terlihat lebih gemuk atau lebih pendek. 

5. Bahasa Tubuh
Gerakan yang luwes dan tidak kaku sangat diperlukan untuk mendapatkan hasil foto yang bagus dan sesuai dengan busana yang dikenakan. Contohnya apabila busana yang dipakai yaitu kebaya sangat tidak mungkin berpose dengan postur tubuh yang gagah dan kaku.

6. Angle Wajah
Seringkali orang berfoto dengan wajah yang selalu menghadap ke kiri atau ke kanan. Hal itu dikarenakan orang tersebut sudah mengetahui bagian angle/sudut wajah paling bagus yang dimilikinya. Bagian kiri dan kanan manusia itu berbeda sehingga diperlukan angle untuk mendapat sisi yang paling menarik untuk difoto. Angle akan didapat setelah sering mencoba beberapa kali difoto. Untuk yang mempunyai bentuk dahi yang agak lebar bisa disiasati dengan mengangkat dagu sedikit lebih tinggi.

7. Kepercayaan Diri
Dari semua faktor di atas, yang tidak kalah penting adalah kepercayaan diri yang dimiliki seseorang. Dengan percaya diri dan menyadari bahwa semua kelebihan dan kekurangan yang dimiliki setiap individu adalah anugerah akan menjadikan orang tersebut unik dan menarik. Dan itu merupakan modal utama untuk menjadikan sebuah foto menjadi hasil karya yang maksimal.

Demikian 7 cara agar tampak fotogenik di depan kamera, semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

7 Cara Mudah Agar Tampak Fotogenik di Depan Kamera | T Ampuh | 5