Cari Tips

Manfaat Asam Jawa untuk Menghilangkan Bau Badan


Manfaat asam jawa untuk menghilangkan bau badan
Bayangkan jika kamu bertemu dengan seseorang yang berparas cantik atau tampan dan berpenampilan menarik tapi ternyata mempunyai bau badan yang sangat mengganggu, tentunya kamu merasa tidak nyaman berdekatan dengan orang tersebut, bukan? Atau bayangkan jika kamu sendiri yang mengalami hal tersebut, pastinya kamu juga akan merasa tidak percaya diri dan malu bila berdekatan dengan orang lain. 

Bau badan sebenarnya timbul dari berbagai faktor, seperti misalnya dari banyaknya aktifitas yang dilakukan sehingga tubuh mengeluarkan banyak keringat, badan yang tidak bersih, terlalu banyak mengonsumsi daging merah, gorengan, lemak atau makanan lain yang berbau tajam seperti bawang putih. 
Biasanya untuk menghilangkan bau badan tersebut sangat mudah, cukup dengan menggunakan bedak, minyak wangi atau deodoran. Tapi itu semua hanyalah bersifat sementara yang memerlukan pemakaian secara terus menerus. Lalu, bagaimana cara menghilangkan bau badan secara alami dan bisa bertahan lama?
Manfaat Asam Jawa untuk Menghilangkan Bau Badan
Asam jawa adalah salah satu bahan alami yang dapat membantu kita untuk menghilangkan bau badan. Asam jawa (nama Latinnya: Tamarindus indica L) atau biasa disebut juga tamarind adalah salah satu jenis buah yang tumbuh di negara-negara yang ber-iklim tropis seperti di Indonesia. Kandungan anti bakteri yang di miliki asam jawa sangat membantu menghilangkan bau badan. Selain itu asam jawa juga memiliki kandungan anti inflamasi dan vitamin C yang dapat menghasilkan anti oksidan yang sangat bagus untuk kulit. Nah, untuk menghilangkan bau badan dengan asam jawa caranya sangatlah mudah. Cukup dengan melarutkan asam jawa  yang telah matang dengan segelas air mendidih sambil diaduk rata kemudian saring air tersebut menggunakan saringan yang tidak terlalu halus agar serat yang terdapat dalam asam jawa juga dapat dikonsumsi. 

Baca Juga: Cara Ampuh Menghilangkan Bau Mulut

Asam jawa memiliki dua macam serat, yaitu serat yang dapat larut dalam air dan serat yang tidak dapat larut dalam air. Yang harus diperhatikan dalam mengolah asam jawa yaitu jangan merebus asam dengan suhu yang panas dan tidak terlalu lama supaya vitamin yang terdapat di dalamnya tidak terbuang. Apabila terlalu asam, larutan asam jawa dapat juga dicampur dengan gula atau madu sesuai selera, tapi tentu saja penggunaan gula sebaiknya dibatasi. Minuman asam jawa juga sebaiknya digunakan untuk sekali minum dan tidak boleh terlalu lama disimpan agar vitaminnya masih berfungsi. Minumlah larutan asam jawa ini sehari dua kali, pagi dan sore hari sebanyak satu gelas.

Baca Juga: Cara Cepat Menghilangkan Bau Kaki 

Selain digunakan sebagai minuman, asam jawa juga dapat dikonsumsi langsung sebagai pengganti permen. Pilihlah asam jawa yang sudah pekat atau apabila asam jawa sudah dikemas dalam plastik, pilih yang berwarna cokelat pekat atau kehitaman. Hindari menyimpan asam jawa pada suhu yang lembap karena asam jawa akan mudah berjamur. Asam jawa merupakan bahan alami yang aman dikonsumsi setiap hari karena tidak efek sampingnya hampir tidak ada. Hanya saja bagi yang memiliki penyakit seperti asam lambung dianjurkan mengonsumsi asam jawa sehabis makan.  

Selain asam jawa, ada beberapa bahan alami lain yang juga berkhasiat untuk menghilangkan bau badan, selengkapnya dapat kamu baca disini: Cara Menghilangkan Bau Badan dengan Bahan Alami.

Demikian manfaat asam jawa untuk menghilangkan bau badan, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Manfaat Asam Jawa untuk Menghilangkan Bau Badan | T Ampuh | 5