15 November 2015

Cara Menghaluskan Kulit Kaki Secara Alami

Cara Menghaluskan Kulit Kaki Secara Alami - Tidak banyak yang tahu bahwa untuk memiliki kulit kaki yang halus, lembab dan tidak pecah-pecah bisa dengan mudah didapatkan dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti getah pepaya dan mengkudu. Kedua buah yang dapat menghaluskan kulit kaki tersebut memiliki kandungan aktif seperti antibakteri dan mempunyai kemampuan untuk mengangkat sel kulit mati sehingga proses regenerasi kulit dapat lebih cepat serta menghaluskan kulit.

Pepaya sangat berguna dalam perawatan alami menghaluskan dan mencerahkan kulit. Selain buah dan daunnya, ternyata getah dari daun papaya ini juga dapat menjadi salah satu cara menghaluskan kulit kaki. Getah papaya bersifat dingin sehingga dapat digunakan untuk menghaluskan dan sekaligus dapat mencerahkan kulit. Buah pepaya mengandung vitamin dan mineral seperti vitamin A dan vitamin C serta enzim papain yang terdapat di dalamnya dapat meregenerasi sel sel kulit aktif dan membuat pori pori kulit dapat mudah terbuka dan mudah dibersihkan. Selain itu enzim papain berfungsi juga untuk melarutkan sel sel kulit mati yang menempel pada kulit dan biasanya sukar untuk dilepaskan.

Cara menggunakan getah pepaya untuk menghaluskan kulit kaki ini cukup mudah, caranya yaitu dengan memotong pangkal buah pepaya sampai mengeluarkan getah kemudian oleskan getah tersebut pada kulit kaki yang kasar atau bagian yang ingin dihaluskan. Getah tersebut juga dapat kamu oleskan pada seluruh bagian kaki dari paha hingga ujung jari kaki. Hal tersebut bertujuan untuk menghaluskan keseluruhan bagian kaki. Lakukan perawatan ini dua kali dalam sehari, yaitu pada pagi dan sore hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Sesudahnya dapat membersihkan olesan dengan menggunakan air hangat. 

Air hangat ini dapat berfungsi untuk membuka pori pori kaki agar terbuka dan getah yang sudah di oleskan tadi dapat dengan mudah meresap ke dalam pori pori kulit sehingga manfaat yang terkandung dalam getah dapat lebih bagus dalam proses melembutkan dan menghaluskan kulit kaki. Proses yang dibutuhkan juga akan lebih cepat. Air hangat juga dapat membuat getah pepaya yang lengket menjadi cepat dan mudah dibersihkan. Karena jika dibersihkan dengan air dingin akan kurang baik, karena selain lengket, dengan air dingin getah malah akan susah dihilangkan.

Perawatan dan cara menghaluskan kaki kasar ini dapat dilakukan oleh siapa saja baik laki laki maupun perempuan, dewasa atau anak-anak. Namun untuk perawatan dengan getah pepaya harus diperhatikan karena tidak semua orang dapat menggunakannya. Karena jika jenis kulit kamu sangat sensitive, maka perawatan dengan menggunakan getah pepaya justru akan membuat iritasi dan infeksi. Serta akan membuat kulit kaki menjadi memerah dan terasa gatal gatal. Jika sudah terlanjur timbul efek samping tersebut, sebaiknya hentikan pemakaian. Kemudian cuci olesan getah pepaya tersebut dengan air hangat dan tidak menggunakan sabun.

Baca Juga: Cara Mudah Menghaluskan Telapak Tangan 

Buah mengkudu atau buah pace yang memiliki aroma yang kurang sedap ternyata juga dapat digunakan untuk perawatan dalam menghaluskan kulit kaki. Buah yang rasanya juga pahit ini juga dapat berfungsi untuk kecantikan, buah mengkudu yang berwarna kekuningan dan sudah matang, atau sudah lembek dapat di manfaatkan untuk menghaluskan kulit kaki yang kasar. Buah mengkudu mengandung anti kanker, anti oksidan, serta vitamin dan mineral seperti vitamin C, flavonoid dan saponin.

Kandungan saponin dalam buah mengkudu ini bersifat seperti sabun atau pembersih yang dapat membersihkan sel sel kulit mati dan menghaluskan kulit. Selain itu kandungan kandungan dalam buah mengkudu ini dapat meregenerasi sel sel dalam tubuh termasuk sel sel kulit mati. Karena sel sel kulit mati yang terdapat dalam tubuh harus diganti dengan sel sel kulit yang baru karena jika tidak, akan dapat menimbulkan penyakit. Sel sel kulit mati yang tidak diangkat akan menjadi penyebab kulit menjadi kasar.
Cara memanfaatkan buah mengkudu untuk menghaluskan kulit kaki ini cukup mudah, caranya ambil buah mengkudu yang sudah matang dan yang telah berwarna kekuningan dengan buah mengkudu yang sudah lembek, kemudian keduanya dihaluskan atau diblender. Sesudah itu oleskan jus mengkudu tadi pada bagian kaki yang terasa kasar dan pecah pecah seperti tumit. Lakukan perawatan dengan buah mengkudu ini minimal sehari sekali dan dilakukan pada saat malam hari setelah beraktifitas. Jika kamu rutin melakukan perawatan ini, maka minimal dalam satu bulan kulit kaki atau tumit yang kasar dan pecah pecah perlahan akan menghilang dan menjadi halus kembali.

Baca: Cara Merawat Telapak Kaki agar Tidak Pecah Pecah

Mengkudu atau pace ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan bekas luka ataupun luka bekas gigitan serangga. Caranya ambil mengkudu kemudian campurkan dengan pegagan, brotowali dan minyak zaitun. Satu buah mengkudu yang matang ditumbuk halus lalu ditambahkan dua lembar daun pegagan, dua lembar daun brotowali serta dua sendok makan minyak zaitun. Kemudian oleskan bahan bahan tersebut pada kaki yang ada bekas lukanya dan didiamkan selama sekitar 20 menit. Lakukan sehari sekali pada malam sebelum tidur. Sesudah itu bersihkan dengan handuk kecil yang sudah diberi air hangat.
Meski cara ini aman tetapi sama seperti penggunaan pada getah pepaya, buah mengkudu juga bisa menimbulkan efek samping jika digunakan oleh mereka yang memiliki kulit yang sensitive. Jika dalam pemakaiannya terjadi iritasi dan infeksi pada kulit, sebaiknya hentikan penggunaannya. Karena dikhawatirkan justru akan menimbulkan luka yang lebih parah.

Faktor cuaca dan penggunaan alas kaki yang tidak tepat juga menjadi pemicu timbulnya kaki kasar, kering dan pecah pecah. Memakai alas kaki yang sempit juga menimbulkan masalah kulit seperti kulit kaki tebal dan kasar karena akibat adanya gesekan yang terus menerus pada kaki saat berjalan. Untuk menyiasati agar mendapatkan ukuran sepatu yang cocok dan pas dengan kaki, sebaiknya kamu dalam membeli sepatu pada sore atau menjelang malam karena volume kaki akan lebih lebar pada malam hari.
Kemudian dalam mengobati kaki kasar ini juga dapat dilakukan dengan penipisan kulit. Caranya yaitu dengan menggunakan krim yang mengandung salicylic acid 3%. Dengan penggunaan bahan tersebut akan membuat kaki menjadi lebih kendur, kulit kaki menjadi lebih halus, tidak pecah pecah dan kasar. Lakukan perawatan kaki yang tepat, yakni dengan mencuci kaki dengan air bersih sebelum tidur, mengoleskan krim tadi ke seluruh permukaan kulit kaki termasuk telapak kaki dan meletakkan kaki selama kurang lebih 10 menit di tempat yang lebih tinggi seperti bantal atau tembok pada saat berbaring, agar aliran darah yang menumpuk pada telapak kaki dapat menyebar kembali ke seluruh tubuh.

Terakhir yaitu memilih alas kaki yang tepat, jangan terlalu sempit dan jangan terlalu lama juga membiarkan kaki tertutup dengan sepatu boots atau kets yang tidak memberikan ruang bernafas atau terperangkap lama dalam sepatu. Minumlah air putih sebanyak mungkin untuk menjaga kelembaban kulit secara alami dan minumlah multivitamin sebagai tambahan untuk membantu mempercepat proses dalam menghaluskan kulit kaki. Demikian cara menghaluskan kulit kaki dengan bahan alami, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Artikel Terkait