Cari Tips

Tips Cara Keramas yang Benar


Tips Cara Keramas yang Benar - Keramas adalah langkah awal dan salah satu cara untuk menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala. Banyak orang yang beranggapan bahwa keramas adalah hal yang sepele yang mudah dilakukan oleh siapa saja, cukup dengan membasahi rambut, mencuci rambut menggunakan shampo, menggosok rambut hingga berbusa kemudian membilasnya sebagai langkah terakhir dari keramas. Namun ternyata apabila tidak melakukan keramas dengan benar dapat menyebabkan rambut rontok, kering dan terlihat kusam. 


Tips Cara Keramas yang Benar


Ada beberapa hal yang harus dilakukan sebelum dan sesudah keramas agar rambut tidak rusak. Berikut tips dan cara keramas yang benar:

1. Sisir rambut. Sisirlah rambut terlebih dulu sebelum dibasahi dan diberikan shampo, agar debu yang menempel di rambut keluar dan rambut tidak kusut pada saat dikeramas. 

2. Membasahi rambut. Usahakan rambut basah sampai masuk ke kulit kepala. Khususnya untuk mereka yang mempunyai rambut panjang supaya shampo dapat meresap ke dalam rambut dan kulit kepala secara sempurna. 

Baca Juga: Tips Rambut Tetap Sehat Meski Berjilbab

3. Sampo. Pilih sampo yang sesuai dengan jenis rambut dan karakter rambut supaya tidak menimbulkan kerusakan pada rambut. Tuang sampo terlebih dulu di telapak tangan, busakan sedikit lalu usapkan ke seluruh bagian rambut. Bisa dari atas hingga bawah atau dari bawah ke atas. 

4. Massage kepala. Lakukan pijatan atau massage pada kulit kepala pada saat keramas. Hal ini bertujuan supaya peredaran darah menjadi lancar dan membersihkan minyak yang bisa menyebabkan ketombe. Jangan menggosok rambut dan kulit kepala terlalu keras karena dapat mengakibatkan rambut menjadi kusut dan mudah patah. Hindari juga menggosok kulit kepala menggunakan kuku karena dapat menyebabkan kulit kepala menjadi luka. Gosok kulit kepala menggunakan ruas jari. 

5. Lama keramas. Apabila rambut telah penuh dengan busa sampo, diamkan selama 2-3 menit agar sampo meresap sempurna hingga ke kulit kepala. Kemudian bilaslah rambut menggunakan air sampai bersih. 

Baca Juga: Tips Cara Cepat Memanjangkan Rambut

6. Ulangi pemakaian sampo. Jika anda mempunyai waktu yang cukup lama dan rambut dalam keadaan kotor, lembab dan lepek, sebaiknya ulangi pemakaian sampo. Setelah rambut dibilas sampai bersih, ulangi pemberian sampo dan lakukan keramas sekali lagi hingga rambut bersih dengan sempurna. Namun pemberian sampo yang kedua kalinya lebih sedikit dari yang pertama. 

7. Hindari menyisir rambut. Apabila telah selesai keramas dan rambut masih dalam keadaan basah, hindari menyisir rambut. Hal tersebut perlu dilakukan supaya rambut tidak rontok dan menimbulkan masalah rambut mudah patah. Setelah kering, sisir rambut anda dengan sisir bergigi jarang kemudian gunakan sisir yang bergerigi tipis. 

8. Mengeringkan rambut. Hindari menggosok rambut dengan handuk kering pada saat mengeringkan rambut. Cara yang lebih baik untuk mengeringkan rambut adalah secara alami dengan cara di angin-anginkan menggunakan kipas angin. Jika anda memilih menggunakan hair dyer untuk mengeringkan rambut, gunakan suhu yang tidak terlalu panas dan jarak antara hair dyer dengan rambut tidak terlalu dekat supaya rambut tidak menjadi kering dan kusam. Demikian tips cara keramas yang benar, selamat mencoba.

Baca Juga: Cara Mengatasi Rambut Lepek Berminyak Berketombe
Tips Cara Keramas yang Benar | T Ampuh | 5