Tips Agar Kulit Tidak Kering Saat Puasa



Tips agar kulit tidak kering saat puasa - Saat puasa seseorang tidak makan dan minum selama 12 jam, sehingga dapat menimbulkan kekeringan pada kulit, apalagi jika aktifitas lebih banyak diluar ruangan dan terpapar sinar matahari.
Karena kondisi kulit yang menjadi semakin kering tentunya kamu harus lebih sering menggunakan pelembab. Jika biasanya menggunakan pelembab setelah mandi pagi dan sore hari, pada saat puasa harus lebih sering menggunakannya. Gunakan pelembab jenis lotion pada pagi hari dan pelembab krim pada sore hari. Bedakan antara pelembab untuk wajah dan tubuh, karena keduanya memiliki jenis yang berbeda.

Tips agar kulit tidak kering saat puasa

Selain pelembab, agar kulit tidak kering saat puasa sebaiknya gunakan juga tabir surya atau sunblock dengan minimal SPF 30 ketika beraktifitas diluar ruangan. Gunakan setengah jam sebelum melakukan aktifitas diluar ruangan dan diulang setiap beberapa jam sekali tergantung dari SPF nya.
Perhatikan juga penggunaan sabun mandi, sabun pencuci tangan dan sabun wajah. Pilihlah sabun yang banyak mengandung pelembab. Hindari untuk menggunakan sabun yang mengandung antiseptik, pasalnya kandungan antiseptik nya dapat menyebabkan kulit kering.

Hindari untuk membersihkan wajah secara berlebihan, karena dapat membuat sel natural moisturizing factor (NMF) yang berfungsi untuk menjaga air dalam kulit ikut larut dalam proses pembersihan wajah tersebut. 
Penggunaan bahan-bahan kimia yang berlebihan juga dapat membuat kulit menjadi kering. Zat-zat kimia yang dapat membuat kulit kering misalnya detergen dan alkohol.

Perhatikan pasta gigi dan obat kumur karena dapat menyebabkan bibir kering pada saat puasa, sebaiknya memilih pasta gigi untuk gigi sensitif dan tidak di anjurkan untuk menggunakan pasta gigi dengan whitening agent dan detergen karena akan membuat bibir kering selama berpuasa.

Pada saat sahur dan berbuka puasa dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan berserat  seperti sayuran dan buah-buahan seperti apel, tomat dan buah pir. Makanan yang berserat akan menyimpan cairan lebih lama.
Selain menjaga kulit dari suhu panas akibat dari paparan sinar matahari, sebaiknya hindari juga suhu yang terlalu dingin atau kering seperti AC. AC dapat membuat kulit semakin kering, apalagi jika kamu tidak menggunakan pelembab.
Demikian tips agar kulit tidak kering saat puasa, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.