15 Juni 2012

Tips Agar Berat Badan Tidak Kembali Naik

Tips Agar Berat Badan Tidak Kembali Naik
Jika kamu sudah mempraktekkan terapi jeruk nipis pada artikel yang sebelumnya (Baca : Tips Langsing dengan Jeruk Nipis ) dan berat badanmu sudah mulai turun, sebaiknya kamu juga harus menjaga agar berat badan tidak kembali naik.
Berikut ada beberapa tips mudah agar berat badan tidak kembali naik :

tips agar berat badan tidak kembali naik

1. Mengubah kebiasaan makan yang tidak sehat dan berkalori tinggi seperti makan tidak teratur, banyak makan makanan fast food, serta banyak minum-minuman manis.

2. Atur pola makan seimbang. Gunakan karbohidrat kompleks, pilihannya bisa nasi beras merah atau beras unpolished (tidak dislip), kentang rebus pakai kulit, havermoot, roti whole grain.

3. Makanlah dengan porsi kecil, sehari bisa makan 6-7 kali dengan porsi kecil dan diselingi makan buah-buahan jika lapar.

4. Makan secara santai dan tidak terburu-buru, karena dengan makan lambat maka perut akan lebih terisi serta mengurangi kembung.

5. Setelah makan jangan langsung minum, tetapi tunggu setengah jam, baru kemudian minum. Kalaupun ingin minum jus, sebaiknya minum jus tanpa memakai gula.

6. Tentukan target penurunan berat badan 5-10 persen dari berat badan saat ini. dalam jangka waktu 3-6 bulan. Jangan turun terlalu cepat karena akan lebih mudah naik lagi dan sulit untuk diturunkan.

7. Kenali makanan yang dikonsumsi dengan membuat buku harian atau food diary ditambah exercise diary.

8. Sebaiknya kita mengurangi makanan yang biasa kita konsumsi sebanyak 250-500 kalori sehari.

9. Tidak melakukan diet yang terlalu ketat.

10. Tetap melakukan olahraga teratur, yang paling baik jalan kaki tiap hari 30-40 menit atau melakukan olahraga lompat tali (skipping) dan jogging.

11. Melakukan pijat refleksi di titik-titik tertentu sehingga aliran darah lancar.

Demikian Tips Agar Berat Badan Tidak Kembali Naik, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Artikel Terkait